Tanaman Padi dan Jagung Masih Mendominasi di Ganding Sumenep

oleh -56 views
BERTANI: Salah satu petani di Ganding, Sumenep, Madura, Jawa Timur, tengah bekerja.

SUMENEP, Selasa (10/01/2023) suaraindonesia-news.com – Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Ganding Arvinsyah Hafid Anwari memperkirakan, tanaman padi dan jagung di daerah setempat terbilang mendominasi.

“Padi dan jagung masih menjadi komoditas utama. Biasanya paling banyak diikuti tiga desa di Kecamatan Ganding, di antaranya adalah Desa Gadu Barat, Desa Gadu Timur dan Desa Ganding,” katanya kepada media ini, Selasa (10/01/2023).

Kendati demikian, kata Arvinsyah, ada juga beberapa petani yang gemar menanam kacang-kacangan. Tak jarang, banyak tumbuh-tumbuhan serupa kedelai, kacang hijau dan kacang tanah mewarnai semua sisi lahan pertanian di Kecamatan Ganding, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Selain itu ada juga beberapa petani gemar menanam kacang-kacangan. Biasanya, mereka memulai menanam itu manakala memasuki Bulan Februari. Ya seperti saat-saat ini lah,” ujarnya.

Menjelang musim kemarau, petani di Kecamatan Ganding juga gemar menanam tembakau. Mereka akan memenuhi tiap sudut rokok pabrikan seusai panen.

Sedangkan, para petani yang memiliki lahan kering. Terbiasa menanaminya dengan tomat, cabai kecil dan bawang merah.

“Ada juga yang menanam tembakau jelang musim kemarau,” ujar Arvinsyah.

“Lahan kering malah menjadi wilayah menarik, ragam holtikultura bisa muncul dari lahan tersebut,” tandasnya.

Reporter : Muhammad Iqbal
Editor: Wakid Maulana
Publisher: Nurul Anam

Tinggalkan Balasan