Kepala Disdik Sumenep Launching Karya Buku Guru SDN Pangarangan 3

oleh -1 views
Foto: Kepala Disdik Sumenep, Agus Dwi Saputra, saat melaunching buku berjudul 'Lagu Ini Untukmu' karya guru SDN Pangarangan 3.

SUMENEP, Rabu (1/5/2024) suaraindonesia-news.com – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Agus Dwi Saputra, melaunching buku karya Hairullah, salah satu guru SDN Pangarangan 3 berjudul ‘Lagu Ini Untukmu’ yang berisi lirik dan partitur lagu. Acara berlangsung di halaman SDN setempat pada Selasa, 30 April 2024 kemarin.

Tidak hanya itu, buku yang berisi 11 lagu itu juga dihibahkan untuk Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pegiat literasi nasional, perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumenep hingga wali siswa hadir pada kesempatan itu.

Agus mengapresiasi atas karya yang dihasilkan guru. Pada karya lagu tersebut tidak hanya dikhususkan pada kalangan anak-anak, namun materinya juga mengangkat kearifan lokal.

“Jelas kami sangat mengapresiasi karya-karya yang dihasilkan para guru, ini salah satunya. Jadi materinya juga bagus, jadi anak-anak tidak lupa akan budayanya,” kata Agus dalam keterangannya, Rabu (1/5).

Agus berharap, launching buku ‘Lagu Ini Untukmu’ itu bisa menginspirasi guru-guru lain untuk menghasilkan karya. Sehingga, nantinya memberikan dampak luas bagi anak didik.

Baca Juga: Tingkatkan Kapasitas Bidang Pendidikan, Disdik Sumenep Gelar Bimtek

“Jadi dengan karya ini para guru tidak hanya termotivasi, namun juga dapat meningkatkan kompetensinya,” ujar Agus.

Sementara itu, Hairullah mengungkapkan, alasan karyanya dihibahkan kepada Pemkab Sumenep karena lagu-lagu itu diciptakan untuk anak-anak.

Sehingga, kata dia, semua bebas membawakan atau mengaransemennya.

“Saya ikhlas ini dihibahkan kepada Pemkab Sumenep, artinya saya tidak akan menuntut hak cipta jika ada sekolah yang menggunakan lagu itu. Baik merubah lirik dan notasinya,” kata Hairullah.

Hairullah menyebutkan, sebelas lagu ciptaannya tersebut terdiri dari enam genre musik, mulai dari pop hingga keroncong.

“Dari sebelas lagu itu ada lima lagu berbahasa Indonesia, lima lagu berbahasa Madura dan satu berbahasa Inggris. Di buku itu juga ada barcode untuk mempermudah mendengarkan lagunya,” tukasnya.

Reporter: Ari
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan