Harga Tebus Pupuk Subsidi Melambung, PT PIM dan KP3 Dituding Tutup Mata

oleh -63 views
Foto : Pabrik PT Pupuk Iskandar Muda di Lhokseumawe. (Sumber Foto: Google/Dok BUMN).

ACEH, Senin (13/05/2024) suaraindonesia-news.com – Entah karena lancar “setoran upeti” kiri kanan, sehingga fungsi pengawasan seakan akan lumpuh, padahal hampir semua pemilik kios pengecer pupuk sejumlah daerah di Aceh bebas menjual pupuk subsidi pemerintah diatas Harga Eceran Tertinggi (HET), kondisi tersebut membuat publik apatis dan pesimis, bahkan PT PIM selaku stakeholder yang dipercayakan oleh Pemerintah dinilai bersikap ambigu/ganda, tanpa ada upaya dan tindakan terhadap kios pengecer serta distributor yang nakal.

Selain PT Pupuk Iskandar Muda, keberadaan Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) juga dipertanyakan keberadaan nya yang terkesan lumpuh tidak berfungsi. sementara petani tidak berdaya melawan “mafia pupuk” yang menindas rakyat kecil.

Harga pupuk subsidi yang dijual kepada petani yang terdaftar dalam e RDKK sudah berlangsung bertahun tahun dengan tarif diatas HET di setiap kios pengecer baik di Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, Bireun dan daerah lain nya.

Menurut Mustafa warga Aceh Utara mengatakan, mustahil PT PIM dan KP3 tidak mengetahui nya kecuali mereka tutup mata.

“Tidak mungkin PT PIM dan KP3 tidak mengetahui harga pupuk yang dijual kepada petani diatas HET, kecuali mereka tutup mata,” tuding Mustafa kepada media ini Minggu (12/5) di sebuah cafe di Lhoksukon.

Menurut Mustafa, harga pupuk subsidi jenis urea dan NPK yang ditebus oleh Petani di kios pengecer rata rata di atas HET. Antara 140-160 ribu per karung netto 50 kg.

“Jika fungsi pengawasan efektif, PT PIM dan KP3 bisa menanyakan langsung kepada semua petani yang namanya terdaftar di RDKK,” cetus Mustafa.

Pernyataan PT PIM akan bertindak tegas terhadap distributor dan Kios pengecer yang jual pupuk subsidi di atas HET, hanya “Lip Service” untuk menutupi bobrok nya pengawasan dan sibuk bangun pencitraan.

Baca Juga: Kios Pengecer di Aceh Timur Pasang Tarif Pupuk Diatas HET, Distributor Mengeluh Tak Dapat Untung

“Terkesan PT PIM bersikap ganda, di satu sisi menyatakan tegas akan menindak tegas terhadap kios dan distributor yang jual pupuk di atas HET, itu hanya sekedar lip service dan pecitraan, disisi lain mereka melakukan pembiaran,” tandas Mustafa.

Sebelum nya dalam siaran pers Senin (6/5), Senior Vice President Administrasi Keuangan Pupuk Iskandar Muda(PIM) Syahrul Kamal menegaskan akan mengambil tindakan tegas terhadap distributor dan kios pengecer bila jual pupuk subsidi di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Aturan sudah jelas, maka kami tidak segan untuk menindak tegas distributor hingga kios yang terbukti menjual pupuk di atas HET,” tegas Kamal.

Diketahui, Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) yang tergabung Dinas Teknis dan Lembaga Aparat Penegak Hukum yang dibentuk disetiap Provinsi dan Kabupaten yang di SK oleh Gubernur dan Bupati/Walikota yang berfungsi untuk monitoring pupuk subsidi Pemerintah.

Reporter: Masri
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan