Pasca Banjir Bandang di Sembahe, Camat Sibolangit Lakukan Pembersihan di Desa Bandar Baru

oleh -103 views
Mobil Avanza hanyut akibat banjir bandang yang terjadi di Sembahe.

DELI SERDANG, Selasa (02/05/2023)
suaraindonesia-news.com – Banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Sibolangit tepatnya di lokasi wisata Pemandian Alam Sembahe yang terjadi pada Minggu (30/04) bulan lalu, kini hanya meninggalkan cerita duka di lingkungan masyarakat, terlebih lagi terdapat banyaknya sisa-sisa sampah saat banjir Bandang tersebut terjadi.

Salah satu desa yang ikut terdampak cukup parah pasca banjir bandang tersebut adalah Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Camat Sibolangit , Hesron T Girsang ketika dikonfirmasi melalui sambungan WhatsApp miliknya menjelaskan bahwa hari ini pihaknya sedang melakukan pembersihan puing-puing sampah dampak pasca banjir bandang.

“Pembersihan di lokasi banjir yaitu Dusun 4 Desa Bandar Baru hari ini kembali dilanjutkan, dan kebetulan hari ini pembersihan dipimpin Sekcam Sibolangit M. Saleh Daulay, dalam pelaksanaan kebersihan tersebut, saya akan terus memantau dalan hal ini akan selalu saya monitor perkembangan akibat dampak banjir ini dan dalam pelaksanaan kebersihan ini tentu kita juga turut dibantu dari pihak Kecamatan, Koramil 03, Dinas Kebersihan Kecamatan, Damkar Deli Serdang serta dari Dinas Cipta Karya Kabupaten Deli Serdang,” terang Hesron T Girsang.

Baca Juga: Paripurna LKPj Bupati Deli Serdang Tahun 2022: Realisasi Pendapatan Daerah Capai 89,28 Persen

Camat Sibolangit ini juga menambahkan bahwa sasaran pembersihan dilaksanakan pada rumah rumah warga, drainase dan titik lainnya.

“Petugas kita hari ini fokus pada rumah rumah warga, lingkungan seperti drainase hal ini supaya mengantisipasi penyakit yang akan terjadi terhadap warga terutama kepada anak anak,” ucapnya.

Ketika ditanya media terkait korban jiwa saat banjir bandang terjadi, dia mengatakan tidak ada korban jiwa hanya kerugian material berupa bangunan dan 3 rumah warga rusak parah.

“Korban jiwa tidak ada bang, hanya ada kerugian warga yaitu 3 buah rumah yang rusak parah terdampak Banjir Bandang kemarin, saat ini kita terus mendata kerugian warga agar dapat menghimpun bantuan yang akan kita baik itu makanan, pakaian, obat obatan, dan air bersih juga bantuan bantuan lainnya,” imbuhnya.

Untuk kronologis kejadian, beredar sebuah mobil berwarna putih hanyut ikut terseret Baniir Bandang di Sembahe yang terjadi pada Minggu (30/04/2023) kemarin sekira pukul 16.00 WIB, Camat Sibolangit membeberkan bahwa pemilik mobil Avanza warna putih BK 1132 AHT itu atas nama Hendri Sitompul warga Jalan Sembada Pasar 5 Gang Mawar 2 Nomor 01 Kelurahan Titi Rante Kecamatan Medan Baru.

Saat itu, korban beserta rombongan datang membawa penumpang sebanyak 13 orang untuk berwisata keluarga di Pantai Memori Indah yang berada di daerah Sembahe.

Namun sekira pukul 16.30 WIB, saat rombongan sedang makan di warung yang berada di Pantai Memori Indah, tiba-tiba datang banjir bandang sehingga keluarga lebih dahulu menyelamatkan anak-anak yang ikut dalam rombongan tersebut, sedangkan mobil Avanza yang sedang terparkir tidak sempat terselamatkan hingga akhirnya ikut terbawa arus air banjir bandang tersebut.

Dia menambahkan,dalam kejadian mobil hanyut tersebut tidak ada korban jiwa, semua yang ikut dalam rombongan dalam keadaan sehat, namun untuk kondisi kendaraan didapati warga dalam keadaan hancur total dan ditemukan warga di pinggiran sungai Pemandian Alam Lembah Naga.

Hesron T Girsang mengatakan juga, untuk sementara ini warga yang mengalami Rumah rusak berat ini, sekarang mengungsi di rumah keluarga terdekat masing masing.

Baca Juga: Kirab Pemilu 2024 Sarana Sosialisasi Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Deli Serdang

“Kendala saat ini bagi kami hanyalah pengadaan air bersih bagi warga yang pemipaannya ikut rusak terkena banjir, dan saat ini solusi sementara sudah di ambil dengan pemberian air bersih melalui mobil Tanki kepada warga sekitar hingga pemipaan yang rusak tersebut selesai dalam tahap perbaikannya,” sebut Camat Sibolangit.

Dia juga menambahkan bahwa pihaknya dibantu beberapa instansi terkait telah melakukan pembersihan di lokasi yang terkena banjir bandang. Bantuan itu antara lain datang dari Koramil 03 Sibolangit yang dipimpin langsung Kapten Liston Benedi Situmeang, Manggala Agni Desa Sibolangit, Dinas Cipta Karya Kabupaten Deli Serdang, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Deli Serdang, Dinas Kebersihan Kecamatan Sibolangit, Pemerintah Desa Bandar Baru, Masyarakat sekitar dan FKDM Kecamatan.

Reporter: M. Habil Syah
Editor: Wakid Maulana
Publisher: Nurul Anam

Tinggalkan Balasan