RSUD Kota Bogor Luncurkan Inovasi Sahabat Pelanggan, Ini Tujuannya

oleh -10 views
Foto: Dirut RSUD Kota Bogor, dr. Ilham Chaidir.

KOTA BOGOR, Rabu (06/12/2023) suaraindonesia-news.com – Terus meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang berkualitas, membuat Direktur RSUD Kota Bogor, dr. Ilham Chaidir putar otak. Orang nomor satu di jajaran Rumah Sakit (RS) milik Pemerintah Kota Bogor ini berinovasi dengan mendirikan unit khusus bernama Sahabat Pelanggan.

Dalam keterangannya, dr. Ilham Chaidir menjelaskan bahwa tujuan utama dari Sahabat Pelanggan adalah untuk menciptakan ikatan emosional yang kuat dengan pasien, sehingga pasien merasa lebih nyaman, terdengar, dan didukung selama proses perawatan di RSUD Kota Bogor. Dengan demikian, akan terjalin hubungan jangka panjang yang sehat antara RS dan pasien.

Tim Sahabat Pelanggan ini akan memberikan perhatian secara personal kepada pasien dengan menerapkan pendekatan interaktif. Tim ini akan secara rutin berkomunikasi dengan pasien secara tatap muka.

Baca Juga: Kejari Kota Bogor Laksanakan Pelantikan dan Sertijab Kasi P3B

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pasien kami. Melalui program Sahabat Pelanggan, kami ingin menciptakan ikatan emosional dan memperkuat hubungan dengan pasien,” terang dr. Ilham, sapaan akrabnya, Rabu (06/11/2023).

Tim Sahabat Pelanggan ini, juga akan fokus untuk mengedukasi para pengunjung RSUD Kota Bogor. Mengingat masih diketemukannya pasien maupun keluarga pasien yang bingung terkait alur pelayanan RS, prosedur medis, navigasi di dalam RS, maupun jadwal praktik dan cuti dokter. Dengan adanya tim ini, diharapkan pengunjung akan terinformasi tentang layanan RS.

Selain itu, dengan dibentuknya tim ini diharapkan dapat mengidentifikasi permasalahan atau kendala yang ada di area RS. Yang nantinya, persoalan itu akan menjadi bahan masukan bagi jajaran manajemen untuk dilakukan perbaikan, sebagai upaya peningkatan kualitas mutu layanan di RSUD Kota Bogor.

Tim ini juga akan menampung umpan balik dari pasien. Dimana pasien dapat memberikan evaluasi, saran, atau masukan terkait pengalaman mereka di RSUD Kota Bogor.

“Umpan balik tersebut, nantinya akan digunakan sebagai panduan untuk melakukan perbaikan dan penyesuaian yang diperlukan,” ucap dokter yang juga mengantongi gelar ustadz ini.

Melalui implementasi inovasi ini, Buya Ilham meyakini bahwa dengan pelayanan yang lebih baik dan komunikasi yang efektif, pasien akan merasa lebih nyaman, terlayani dengan baik, dan sembuh dengan optimal. Sehingga dapat menciptakan Positive Customer Experience yang diharapkan berdampak kepada kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Untuk diketahui, inovasi Sahabat Pelanggan diluncurkan pada 10 November 2033 lalu, dibawah Bidang Pengembangan Bisnis dan Mutu RS. Inovasi ini merupakan buah pemikiran dari Direktur RSUD Kota Bogor, dr. Ilham Chaidir.

Saat ini, petugas Sahabat Pelanggan masih terfokus di area IGD, dengan jumlah personil lima orang. Kelima personil tersebut telah dibekali pelatihan selama empat hari tentang pengetahuan RS, pentingnya komunikasi yang baik dan empati terhadap pasien. Mereka diajarkan untuk mendengarkan dengan baik, menghormati kebutuhan dan keinginan pasien, serta memberikan penjelasan yang jelas.

Reporter: Iran G Hasibuan
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri