Ketua Tim Lafki Korwil Sulsel Irawati: Semua Persyaratan Akreditasi Sudah Dipenuhi Puskemas Tabulahan

oleh -24 views
Foto : Gedung Puskesmas Tabulahan Kabupaten Mamasa

MAMASA, Rabu (06/12/2023) suaraindonesi-news.com – Akreditasi adalah bentuk pengakuan yang dilakukan terhadap Puskesmas berdasarkan penilaian.

Pengakuan dari lembaga langsung dari Menteri Kesehatan untuk melihat pelayanan yang telah dilakukan oleh Puskesmas.

Kepala Puskesmas (Kapus) Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Iryanna optimis meraih Akreditasi Madya ke Paripurna.

Hal itu disampaikan Iryanna saat dikonfirmasi di ruang kerjanya ditengah kegiatan akreditasi di Puskesmas Tabulahan, Rabu (06/12).

Iryanna menjelaskan ada beberapa lembaga dalam melakukan penilaian akreditasi namun pihaknya lebih memilih Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI). Awalnya meminta Lafki Sulbar, namun ada perbaikan sistem sehingga memilih Lafki dari Sulawesi Selatan.

“Penilaian berulang 5 tahun sekali, saat ini madya bisa saja menurun dan bisa langsung Paripurna,” ungkapnya.

Kata dia, dirinya optimis dari madya langsung paripurna atau bintang lima, dengan fasilitas yang dimiliki, mutu pelayanan, dan fasilitas yang dimiliki Puskesmas Tabulahan sudah standar dan sudah memenuhi syarat.

Baca Juga: Temui Mentan RI, Pj Bupati Mamasa Bahas Pengembangan Komoditas Pertanian di Mamasa

“Insyaallah karena dari SDM, peralatan seperti sampel sistem utilitas kelistrikan, selain listrik, juga sudah memiliki generator dan tenaga surya,” katanya.

Lanjut Iryanna, Puskesmas Tabulahan juga sudah memiliki ipal cuma masih terkendala di izin, itu belum dikeluarkan semenjak jadi.

“Tapi kami sudah menyurat ke dinas terkait, namun kami sudah gunakan namun selalu dilakukan pemeriksaan kelayakannya,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Tim Lafki korwil Sulawesi Selatan Irawati mengatakan dalam melakukan penilaian Re-Akreditasi ada beberapa rangkaian telah dilakukan seperti telusur dokumen, wawancara pimpinan, peninjauan lapangan, wawancara lintas sektor, dan kegiatan masukan dan temuan serta klasifikasi tiap hari.

Baca Juga: Rumah Warga di Mamasa Nyaris Terbawa Longsor

“Apa-apa yang ditemukan hari pertama dilaporkan di hari kedua dan selanjutnya, saat ini tinggal satu tahap lagi,” kata Irawati.

Irawati menjelaskan, pihaknya tidak bisa menjawab hasil dari Akreditasi yabg dilakukan saat ini di Puskesmas Tabulahan. Karena kata dia, tugasnya hanya mengamati dan membuat laporan hasil penilaian survey, dan diserahkan laporan melalui apliksi sinap ke Kementerian Kesehatan.

“Yang bisa saya sampaikan hasil telusur dokumen, semua dokumen yang dipersyaratkan akreditasi kemenkes sudah dipenuhi oleh Puskesmas Tabulahan,” tandasnya.

Sistem pelayanan juga sudah memenuhi standar. Selanjutnya kata dia, pihaknya akan mengirim laporan dua hari setelah melakukan survey.

“Jangan takut datang berobat dan bersalin di Puskesmas Tabulahan, semua fasilitas sudah memenuhi syarat dan standar,” tutup Irawati.

Reporter: Kang Sukir
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan