Muspika Madat Wacanakan Bangun Kawasan Ekonomi di Pulau Krueng Thoe

oleh -606 views
Camat Madat Muchtarudin, Anggota DPRK Aceh Timur beserta sejumlah Tokoh Masyarakat Saat Sedang Menggelar Diskusi Tentang Potensi Sumber Ekonomi di Kecamatan Madat.

ACEH TIMUR, Kamis (30/1/2020) suaraindonesia-news.com – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Muspika Madat, DPRK, dan Tokoh Masyarakat mewacanakan bangun kawasan ekonomi di Pulau Krueng Thoe Desa Meunasah Asan, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur, hal yang menjadi topik bahasan dalam diskusi terbatas di Ben Ali Cafe. Kamis (30/01).

Menurut Camat Madat Muchtarudin, SE, Pulau Krueng Thoe yang terletak di wilayah pesisir, memiliki banyak potensi sumber daya alam yang bisa ekplor dan dikembangkan menjadi kawasan ekonomi di sektor riil seperti perikanan, pertanian dan parawisata.

Dalam perencanaan nantinya pihaknya akan usulkan menjadi kawasan ekonomi lintas sektor, seperti Pembangunan Tempat Perapatan Ikan (TPI), untuk nelayan, Perumahan, sekolah, Mushalla, akses jalan, listrik, ruang hijau terbuka dan fasilitas pendukung lain nya.

“Sebagai langkah awal dan keseriusan kita, minggu depan kita akan melakukan asisment/survei lapangan bersama konsultan/arsitek asal putra Madat Alhadi, cs untuk menyusun Master Plan,” jelas Muchtar.

Bila program ini terwujud kata dia, nantinya kawasan ini menjadi kemukiman baru setelah dibangun perumahan dan menjadi aktivitas ekonomi masyarakat.

“Muspika beserta Anggota Dewan akan mengusul program ini kepada pak Bupati dan DPRK Aceh Timur, Gubernur Aceh berserta DPRA, Bappeda, serta ke pemerintah pusat atau Kementrian terkait serta akan kita perjuangkan bisa masuk PSN (Program Strategi Nasional),” kata Camat penuh optimis.

Sementara H. Tarmizi Anggota DPRK Aceh Timur sangat mendukung program ini, nanti kita akan memperjuangkan wacana ini bisa terwujud.

“Ini program yang sangat strategis dalam mendongkrak ekonomi masyarakat daerah kita,” imbuhnya.

Hal senada juga di sampaikan Ketua Fraksi Gerinda Muhammad Samad, Krueng Thoe sangat layak untuk di bangun dan di kembangkan menjadi kawasan sentra ekonomi masyarakat pesisir, banyak potensi yang bisa di gali dan di kembangkan di daerah tersebut.

“Kami siap mendukung dan membantu memperjuangkan program tersebut, hal ini tak terlepas untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ucap nya.

Acara diskusi tersebut berlangsung santai, yang turut dihadiri Camat Madat Muchtaruddin, Ketua Forum Keuchik Azhar, H.Tarmizi dan Tgk Muhammad Samad anggota DPRK Aceh Timur, Sulaiman Hamzah mantan DPRK dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Oca

2 thoughts on “Muspika Madat Wacanakan Bangun Kawasan Ekonomi di Pulau Krueng Thoe

  1. Saya sangat mendukung gerakan tersebut karena saya pernah kesana waktu saya masih menjabat sebagai ketua dpc pdip 2007 dan saya melihat langsung kondisi lahan tersebut juga di dampingi oleh sdr trenggiling dan tokoh masyarakat setempat dan harapan saya untuk segera di wujud kan demi kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan