Wabup Jember Harapkan Sumur Bor Bisa Menggunakan Solar Cell

Wabup Jember saat memberikan sambutan pada peresmian bantuan sumur bor. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Selasa (12/2/2019) suaraindonesia-news.com – Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Muqit Arif bersama Kepala Biro Umum Kementerian ESDM Drs. Endang Sutisna dan Anggota Komisi VII DPR RI Bambang Haryadi meresmikan bantuan sumur bor dari Badan Geologi Kementerian ESDM, di Dusun Sumber Pakem Desa Silo Kecamatan Silo Kabupaten Jember, tadi siang.

Bantuan sumur bor tersebut membutuhan bahan bakar solar untuk mengoperasikannya dimana untuk membeli solar selama ini masih berasal dari masyarakat dengan metode jampitan (iuran beras). Atas dasar itu lah, Wakil Bupati Muqit berharap ke depan sumur bor ini dapat menggunakan Solar Cell dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energinya.

“Sumur bor ini menggunakan bahan bakar solar, yang tentunya itu nanti menjadi tanggungan dari masyarakai pemakai manfaat sumur bor tersebut. Ada satu ide yang sangat baik menurut saya tadi diusulkan dan mudah-mudahan nanti Kementerian ESDM memfasilitasi, yaitu ke depannya supaya menggunakan Solar Cell sehingga jika hal itu bisa terwujud betul-betul dapat membantu masyarakat,” pinta Wabup Jember, Muqit Arif.

Baca Juga: Masyarakat Silo Dapat Bantuan Sumur Bor – 

Permintaan tersebut ditanggapi oleh Kepala Biro Umum Kementerian ESDM Drs. Endang Sutisna yang menjelaskan akan dikaji terlebih dahulu.

“Untuk saat ini menggunakan bahan bakar solar, ke depannya nanti kita lihat dan perhitungkan dari sisi biaya juga dari anggaran yang tersedia harus bisa menjawab kebutuhan air bersih di seluruh Indonesia terlebih dulu. Ke depan seiring perkembangan teknologi kita akan kembangkan lagi,” jelas Sutisna.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here