Stock Blangko KTP Electronik di Dukcapil Abdya Habis

oleh -32 views
Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Pengurusan KTP dan KK, Drs Syarifuddin, MM.

ABDYA, Jumat (28/6/2019) suaraindonesia-news.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengaku kehabisan blangko Kartu Tanda Penduduk Electronik (E-KTP) sejak beberapa hari terakhir.

Kadis Dukcapil Abdya melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Pengurusan KTP dan KK, Drs Syarifudin MM mengatakan, blangko E-KTP di Abdya sudah kosong sejak empat hari kemarin, Namun masyarakat yang melakukan perekaman hanya dikeluarkan Surat Keterangan Kependudukan.

“Surat Keterangan Kependudukan dikeluarkan hanya bersifat sementara. Untuk berbagai keperluan administrasi yang mendesak, Nanti kalau blangko sudah tersedia dan KTP sudah dicetak maka surat akan ditarik kembali,” sebutnya, Jumat (28/6/2019).

Menurutnya, ketersediaan blangko KTP el sangat ditentukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jika blangko KTP el di pusat sudah tersedia, maka pihaknya langsung mengambilnya atau dikirim langsung lewat pos untuk memenuhi ketersediaan di blangko E- KTP.

“Terkendalanya blangko KTP kosong itu bukan hanya di daerah kita, namun bisa dipastikan hampir diseluruh Indonesia mengalami kekosongan,” katanya.

Syarifuddin menjelaskan bahwa, pihak Disdukcapil Abdya sudah mengusulkan penambahan sekitar 6.000 lembar E-KTP sejak beberapa hari sebelum kahabisan blangko ke intansi terkait provinsi hingga Kementerian Dalam Negeri di Jakarta.

“Insya Allah minggu pertama bulan juli ini blangko E-KTP sudah bisa dipastikan stok blangko di dinas Dukcapil Abdya dan proses perekaman KTP berjalan seperti biasa,”pungkasnya.
Reporter : Nazli
Editor : Agira
Publisher : Mariska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *