Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda Seksi 1 dan Seksi 5 di Gerbang Tol Manggar

oleh -399 views
Peresmian Jalan Tol Balikpapan - Samarinda Seksi 1 dan Seksi 5 oleh Presiden Jokowi di Gerbang Tol Manggar, Kota Balikpapan, Selasa, (24/8/2021).

BALIKPAPAN, Selasa (24/8/2021) suaraindonesia-news.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ruas Balikpapan-Samboja (Seksi 1 dan Seksi 5) dalam kunjungan kerja ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Selasa (24/8/2021) sore.

Dengan beroperasinya dua seksi terakhir tersebut, maka jalan tol Balikpapan-Samarinda yang merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut akan beroperasi secara penuh.

“Ini capaian yang patut kita syukuri karena kita ingin pembangunan infrastruktur itu tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja atau di Pulau Sumatra tapi juga merata ke pulau-pulau yang lain,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya saat peresmian di Gerbang Tol Manggar, Kota Balikpapan.

Presiden Jokowi pun berharap keberadaan jalan tol ini dapat membantu menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Kalimantan Timur dan juga memperbaiki jaringan logistik yang lebih efektif dan efisien.

“Sehingga akan memperbaiki daya saing kita, utamanya komoditas-komoditas yang diproduksi di Provinsi Kalimantan Timur sehingga akses semakin lancar dan bisa menurunkan biaya logistik,” imbuhnya.

Selain itu, keberadaan jalan tol sepanjang 97,27 Km tersebut juga diyakini akan membantu meningkatkan daya saing produk-produk ekspor yang dimiliki Provinsi Kalimantan Timur.

“Sehingga menjadikan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur semakin efisien dan semakin kompetitif,” ucap Presiden.

Untuk diketahui, jalan tol Balikpapan-Samarinda terbagi menjadi lima seksi, yakni Seksi 5 Ruas Manggar-Karang Joang (10,74 km), Seksi 1 Ruas Karang Joang-Samboja (21,66 km), Seksi 2 Ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi 3 Ruas Muara Jawa-Palaran (17,30 km) dan Seksi 4 Palaran-SS Mahkota II (16,59 km).

Sebelum melakukan peresmian Jalan Tol  Seksi 1 dan Seksi 5 tersebut, kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di awali dengan meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar di SMPN 22 Samarinda, Kalimantan Timur.

Penyuntikkan dosis pertama vaksin Sinovac bagi pelajar di Kota Samarinda ini diikuti sebanyak 1.053 peserta secara bertahap. Secara keseluruhan, total vaksin yang akan disuntikkan bagi masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur pada hari ini sebanyak lebih kurang 24 ribu dosis vaksin.

Selain di Kota Samarinda, sembilan kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur juga secara bersamaan melakukan kegiatan vaksinasi bagi masyarakat, diantaranya Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Barat, dan Kabupaten Mahakam Hulu.

Setelah melakukan peninjauan vaksinasi massal, Presiden Jokowi menuju Kantor Gubernur Kalimantan Timur untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se Provinsi Kalimantan Timur.

Selanjutnya, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerja menuju Kota Balikpapan melalui jalur darat jalan tol Samarinda – Balikpapan.

Dalam perjalanan melalui Jalan Tol Samarinda – Balikpapan tersebut, Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Pertahanan  (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga meninjau langsung sodetan akses jalan menuju rencana Ibu Kota Negara (IKN) yang berlokasi di Jalan Tol Balikpapan – Samarinda Kilometer 14.

Kemudian, Presiden Jokowi beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Gerbang Tol Manggar, Kota Balikpapan. Tepat pada pukul 16.35 Wita, setelah Presiden memberikan sambutannya langsung menuju tombol sirine, seketika suara sirine berbunyi panjang menandakan jalan tol telah diresmikan.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur.

Reporter : Fauzi
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan