Mentan Kunjungi Pamekasan,Bupati Baddrut Tamam: Ini Bentuk Kepedulian

Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman,Saat Sambutan di Desa kaduara Barat kecamatan Larangan Kabupatan Pamekasan

PAMEKASAN, Selasa (19/02/2019) suaraindonesia-news.com – Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, berkunjung ke Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Kunjungan Menteri sekaligus melihat langsung proses pemeriksaan kebuntingan dan panen padet hasil kawin suntik di Pulau Madura yang ditempakan di Desa Kaduara Barat, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur, Selasa (19/2) pukul 10.00 WIB.

Pantauan suaraundonesia-news.com dilapangan, sekitar tiga ribu undangan yang hadir dalam acara tersebut terdiri dari petani, peternak, dan mahasiswa dan pejabat pemerintah.

Selain itu tiga Bupati di Madura juga hadir dalam kunjungan mentan tersebut, yaitu Bupati Bangkalan Abd. Latif Amin Imron, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, dan Bupati Pamekasan Badrut Tamam.

Bupati Pamekasan mewakili Bupati se – Madura dalam sambutanya mengatakan, bantuan yang diberikan pemerintah merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap petani di Madura agar semakin berkembang.

“Insyaallah ini kabar menggembirakan dengan harapan petani semakin makmur serta mandiri dengan adanya bantuan dari menteri pertanian,” katanya.

Bupati Pamekasan Saat Memberikan Bantuan kepada Petani di Desa kaduara Barat

Mentan Amran memberikan bantuan kepada petani total sebesar Rp 10.159.295.000. Dari jumlah itu Mentan juga akan memberikan bantuan ekskavator untuk proses pengerukan tanah ke 3 Bupati yang hadir pada acara tersebut. Bantuan ekskavator yang dikoordinir oleh Sekdakab Pamekasan ini diprediksi akan tiba minggu depan.

“Karena hanya 3 Bupati yang hadir, jadi bantuan ekskavator akan saya berikan hanya untuk 3 Kabupaten. Yaitu Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan,” ujar Mentan.

Sementara dari total bantuan yang diberikan bantuan benih jagung untuk Kabupaten Bangkalan 1500 Ha, Pamekasan 405 Ha, Sampang 10 Ha, dan Sumenep 4000 Ha. Selain itu, benih kelapa kopyor, di Pamekasan 300 batang, Bangkalan 300 batang Sumenep 400 batang dengan total bantuan 1.000 batang.

“Bantuan bibit ini akan saya tambahkan, rata-rata 2 kali lipat jika petani mau,” kata Mentan.

Tidak hanya benih jagung dan benih kelapa, Mentan juga memberikan bantuan benih merah 640 kg, benih cabai merah sachet 552 kg, bibit durian varietas Otong 2.500 batang, bibit alpukat kendil 1.000 batang, bibit alpukat var.Hijau panjang 1.500 batang, dan sarana pasca panen 2 unit dan bangsal pasca panen 2 unit.

Sebelum memberikan bantuan tambahan, Menteri Pertanian juga mengundang masing-masing kepala DInas Pertanian dari 4 kabupaten dan mengklarifikasi jumlah bantuan bibit sebelumnya, sebelum akhirnya menambah bantuan sesuai dengan kebutuhan petani dan Dinas terkait.

Dalam peluang tersebut Mentan juga akan mengundang bantuan bibit, alat pertanian dan pembangunan embung atau pompa air untuk seluruh Kabupaten di Madura menjadi total sekitar Rp. 135 Miliar pada bantuan berikutnya.

Reporter : May/Ita
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here