Kemensos RI Bagikan Bantuan Pangan Non Tunai di Batu

oleh -206 views
warga oro-oro Ombo penerima KKS oleh kementrian sosial

Reporter: Adi Wiyono

KOTA BATU, Kamis (8/6/2017) suaraindonesia-news.com – Kementrian Sosial Ripublik Indonesia membagikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)  kepada warga desa oro-oro Ombo kota Batu.

Pembagian kali ini untuk menindakanjuti program bantuan pangan non tunai dari kementrian sosial , Sementara itu pemberian bantuan non tunai selama ini masih kurang disosialisasikan karena banyak penerima bantuan belum paham menggunakan kartu tersebut.

Ainutri Hana koordinator pendamping sosial – Kementrian sosial saat ditemui, Kamis (8/6/2017) mengatakan, kebijakan kementrian sosial untuk memberikan bantuan langsung non tunai kepada masyarakat mulai direalisasikan.

“Sekarang ini petugas dari kementrian sosial dan petugas Bank membagikan Kartu keluarga sejahtera dengan sasaran keluarga  yang kurang mampu” kata Hana.

Menurutnya, KKS untuk desa Oro-oro ombo dibagikan sebanyak 234 warga, sedangkan pemberiannya di kota batu dilakukan serentak diempat desa yakni desa oro-oro ombo, Desa pesanggrahan, Desa sumberejo dan kelurahan Temas.

“Pembagian ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kalau dulu namanya Bantuan lansung tunai  (Blt)  langsung berupa uang,” sambungnya.

Namun sekarang berupa tabungan dan ATM yang hanya dapat dipergunakan oleh pemiliknya untuk membelikan bahan kebutuhan pokok di warung atau toko yang telah ditentukan oleh kementrian sosial.

“Diharapkan dengan konsep bantuan ini dapat meminimalisir penyalahgunaan bantuan agar bantuan tidak disalahgunakan untuk kebutuhan yang lainnya selain kebutuhan bahan pokok,” kata dia.

Ia juga mengakui, pembagian KKS dinilai kurang sosialisasi karena banyak penerima belum memahami tata cara  penggunaaanya.

Sementara itu, Yati penerima KKS saat dikonfirmasi terkait penggunaan KKS mengaku belum paham tata cara menggunakan kartu ATM.

Kendati demikian, meski belum paham penggunaan kartu KKS, Yati dan para warga lainnya mengaku senang bantuan non tunai sebesar Rp 110 Ribu per bulan itu.

Tinggalkan Balasan