HUT Bhayangkara 78, Penyandang Disabilitas Dapat Pelayanan Khusus Dalam Membuat SIM D

oleh -21 views
FOTO : Penyandang disabilitas saat proses pembuatan SIM D, diberikan pelayanan khusus dan kemudahan oleh Polres Sampang melalui Satlantas Polres Sampang, dalam rangka HUT Bhayangkara ke 78. (FT/Nor/SI)

SAMPANG, Minggu (30/6) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 78, Polres Sampang melalui Satlantas Polres Sampang, memberikan pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas dalam pembuatan SIM D.

Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, melalui Kasatlantas AKP Rukimin mengatakan, pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas ini sebagai wujud kepedulian dalam rangka HUT Bhayangkara ke 78.

“Kami mengapresiasi kesadaran tertib berlalulintas bagi penyandang disabilitas yang ingin memiliki SIM, karenanya kita beri apresiasi dan melayani dengan hati, dengan perlakuan khusus dan mempermudah proses pengurusan SIM nya,” terang AKP Rukimin.

Dikatakan, semua pengendara yang memenuhi syarat harus memiliki SIM. Tidak terkecuali mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau disabilitas. Untuk itu, dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 78, diberikan pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas dalam pengurusan SIM.

“Ini sebagai wujud kepedulian Polres Sampang pada para penyandang disabilitas dengan memberi pelayanan khusus dan kemudahan dalam kepengurusan SIM,” imbuhnya.

Masih menurut AKP Rukimin, kepemilikan surat izin mengemudi (SIM), tidak hanya diberlakukan bagi masyarakat normal. Untuk itu, Korlantas Polri juga menerbitkan SIM bagi kaum disabilitas sebagai salah satu syarat berkendara.

Baca Juga: Gus Mamak: Problema Dunia Pendidikan Sampang, Terjadi Dikotomi Sekolah Negeri dan Swasta

“Ini merupakan terobosan Korlantas Polri dengan membuatkan SIM D (sepeda motor) dan SIM D1 (mobil) bagi penyandang disabilitas,” paparnya.

Terakhir AKP Rukimin menjelaskan, dalam pengurusan SIM bagi kaum disabilitas, ada perlakuan khusus dengan dilakukan pendampingan oleh anggota dari Satlantas. Mulai dari proses pendaftaran hingga ujian teori. Agar didalam pengurusan SIM mereka dapat berjalan dengan lancar.

Sekedar diketahui, mulai dari tahun 2023, tidak ada yang mengajukan permohonan pembuatan SIM D atau D1 bagi disabilitas. Setelah bulan Januari–28 Juni 2024, baru ada yaitu Abdus Salam, dari Kecamatan Torjun, Teguh Wijaya dari ke Kecamatan Kedungdung dan Mattaki dari Kecamatan Torjun, yang mengajukan SIM D dan ini gratis.

Kepada media ini seorang penyandang disabilitas bernama Teguh Wijaya dari Kecamatan Kedungdung, merasa senang dan mengucapkan terimakasih pada Kapolres Sampang melalui Kasatlantas Polres Sampang, yang telah memfasilitasi untuk pengambilan SIM D.

“Semoga Polri tambah sukses, jaya dan maju. Saya ucapkan selamat HUT Bhayangkara ke 78. Polri selalu ada dihati masyarakat,” ucapnya.

Reporter: Nora
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan