Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Tlonto Ares Dampingi Petani Pupuk Tanaman Padi

oleh -3 views
Foto: Sertu Husen, Babinsa Desa Tlonto Ares, saat melaksanakan kegiatan pemberian pupuk dan pemantauan pertumbuhan tanaman padi di Dusun Sungai Tete, Desa Tlonto Ares, Kecamatan Waru.

PAMEKASAN, Selasa (18/06) suaraindonesia-news.com – Sertu Husen, Babinsa Desa Tlonto Ares, menunjukkan komitmennya dalam mendukung ketahanan pangan di wilayahnya dengan melaksanakan kegiatan pemberian pupuk dan pemantauan pertumbuhan tanaman padi tahap 2 milik Tahe (58), seorang anggota kelompok tani Dewi Kumala di Dusun Sungai Tete, Desa Tlonto Ares, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, Selasa (18/06/2024).

Sertu Husen bersama Tahe terjun langsung ke sawah untuk memberikan pupuk pada tanaman padi yang telah memasuki tahap pertumbuhan. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya meningkatkan produktivitas tanaman padi serta memastikan pertumbuhan tanaman yang sehat untuk mencapai swasembada pangan.

“Pendampingan terhadap petani sebagai upaya dalam meningkatkan produktivitas tanaman padi sehingga dapat mencapai swasembada pangan seperti yang diproggramkan oleh pemerintah,” ujar Sertu Husen.

Selain pemberian pupuk, kegiatan ini juga mencakup pemantauan kondisi tanaman padi untuk mendeteksi secara dini adanya hama atau penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan. Hal ini bertujuan untuk memastikan tanaman padi dapat tumbuh optimal dan menghasilkan panen yang memuaskan.

Sertu Husen menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tugasnya sebagai Babinsa untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada, termasuk di sektor pertanian.

Baca Juga: Babinsa Bendungan Bantu Warga dalam Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban

“Kami selalu siap membantu para petani untuk mencapai hasil pertanian yang maksimal. Pendampingan ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan para petani di Desa Tlonto Ares dan sekitarnya,” tuturnya.

Pendampingan dan dukungan dari Babinsa menjadi motivasi bagi para petani khususnya Tahe. Ia bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Babinsa.

“Saya merasa sangat terbantu dengan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa. Kehadiran Sertu Husen memberikan motivasi dan pengetahuan tambahan bagi kami para petani dalam mengelola lahan pertanian,” ujar Tahe.

Kelompok tani Dewi Kumala, yang anggotanya aktif dalam berbagai kegiatan pertanian, mengaku semakin termotivasi dengan adanya dukungan dari Babinsa. Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut sehingga pertanian di desa mereka dapat semakin maju dan berkembang.

Reporter : May
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan