Ahmad Betawi Resmi Dilantik Jadi Ketua LMAKB Kota Balikpapan

oleh -186 views
Ketua LMAKB Balikpapan, Ahmad Betawi saat menibarkan Bendera Pataka seusai diserahkan oleh Panglima Besar LMAKB Kaltim.

BALIKPAPAN, Senin, (12/06/2023) suaraindonesia-news.com – Ahmad Betawi resmi dilantik menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Laskar Mandau Adat Kalimantan Bersatu (LMAKB) Kota Balikpapan periode 2023 – 2028, Minggu (11/06) kemarin.

Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Panglima Besar LMAKB Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Prof. Dr. Rudolf di Aula KNPI Balikpapan pada Minggu, (11/6) malam.

Hadir dalam pelantikan ini, perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Balikpapan, Dewan Kehormatan LMKAB Balikpapan, Pengurus LMAKB Provinsi Kaltim, sejumlah perwakilan dari Ormas daerah maupun nasional, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama Kota Balikpapan.

Acara pelantikan di awali dengan pembacaan sumpah, dilanjutkan dengan penyerahan Bendera Pataka LMAKB oleh Panglima Besar LMAKB Kaltim Rudolf kepada Ketua DPD LMAKB Balikpapan Ahmad Betawi.

Panglima Besar LMAKB Kaltim, Rudolf dalam sambutannya menyampaikan, Organisasi Masyarakat (Ormas) Adat daerah yang sudah berdiri sejak tahun 2016 lalu tersebut merupakan Organisasi Adat lintas suku dan agama yang bertujuan untuk bersinergi dengan pemerintah dalam pembangunan, baik di daerah maupun provinsi Kaltim.

“Organisasi Adat ini merupakan organisasi lintas suku dan agama yang bertujuan untuk bersinergi dengan pemerintah, baik di daerah maupun ditingkat Provinsi. Di samping itu, kita mencari persaudaraan sesama warga indonesia, khususnya di Kaltim. Sehingga semua suku ada didalam organisasi ini,” ucap Rudolf.

Baca Juga: Dilantik Sebagai Ketua PAC Basmara Balikpapan Utara, Ini Harapan H. Abdul Roni

Dia berpesan, kepada pengurus DPD LMAKB Balikpapan yang baru dilantik untuk dapat menjalankan fungsinya dan menjaga marwah organisasi tersebut.

Dikatakan, LMAKB sebagai Ormas adat daerah juga mendukung penuh dengan dipindahkannya Ibu Kota Nusantara (IKN) ke Kaltim. Karena itu, kedepannya organisasi ini harus mampu bersinergi dengan pemerintah pusat maupun daerah untuk menciptakan kondisi keamanan tetap kondusif, damai dan tenteram. Sehingga percepatan pembangunan IKN dapat berjalan sesuai yang diharapkan bersama.

“Saya berpesan kepada pengurus LMAKB yang baru dilantik, agar kedepannya bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kota Balikpapan maupun jajaran penegak hukum untuk menjaga Kota Balikpapan tetap kondusif,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LMAKB Balikpapan, Ahmad Betawi menyampaikan, pada dasarnya LMAKB didirikan ingin berperan aktif untuk kepentingan daerah, baik di bidang pembangunan, sosial dan budaya.

Dikatakan, setelah dilantiknya LMAKB, pihaknya ke depan ingin menghidupkan sejarah Kota Balikpapan yang sudah berumur 127 tahun, agar tidak hanya menjadi sebuah legenda di masyarakat.

“Dengan hadirnya LMAKB di Balikpapan saat ini, akan menjadi barisan terdepan yang akan datang kepada pemerintah untuk meluruskan sejarah Kota Balikpapan. Sehingga anak cucu kita ke depan tidak tersesat dengan berita-berita hoaks terkait dengan legenda tersebut,” ujar Ahmad Betawi.

Kemudian, kata dia, pihaknya juga akan meminta Pemkot Balikpapan untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) untuk menghidupkan budaya batik Balikpapan, agar tidak hanya menjadi sebuah simbol.

Selanjutnya, dia akan meminta Pemerintah Kota Balikpapan agar menampilkan ornamen budaya Kaltim untuk ditampilkan di setiap tempat pelayanan publik.

Dia juga mengajak seluruh Ormas daerah untuk merubah image Ormas yang selama ini identik dengan premanisme agar bisa mengelola potensi perekonomian yang ada. Apalagi IKN sudah berjalan.

“Kita ciptakan potensi yang ada, jangan kalah dengan orang-orang yang datang dari luar Kalimantan. Jika perlu kita jadi owner di daerah sendiri. Untuk menunjang hal itu, kita akan membuat training school di setiap kecamatan. Supaya Sumber Daya Manusia (SDM) dari LMAKB dan Ormas-Ormas Adat yang ada bisa lebih mumpuni,” kata dia, lebih lanjut.

“Kita jangan lagi sibuk dengan lahan parkir, menjaga portal di tambang batu bara, itu harus konsen semuanya. Intinya kita jangan hidup dari bayang-bayang orang lain,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kesbangpol, Sutadi yang mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Ma’ud menyampiaikan selamat kepada jajaran Pengurus LMAKB Balikpapan yang baru dilantik untuk lima tahun kedepan.

Sutadi berharap, agar LMAKB dapat menjalankan amanat dan memantapkan kiprah organisasi dalam memberikan manfaat bagi masyarakat dan kota balikpapan.

Baca Juga: Pengurus Basmara Tingkat Provinsi Kaltim se Kota Balikpapan Periode 2023 – 2028 Resmi Dilantik

“Saya mengajak LMAKB Kota Balikpapan, untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi bersama seluruh elemen masyarakat lainnya untuk terus membangun Balikpapan menjadi rumah yang nyaman dihuni, sekaligus sebagai beranda ibu kota negara,” ajak Sutadi.

Menurut dia, hal tersebut dapat diwujudkan melalui kesadaran semua pihak untuk senantiasa menjaga situasi aman dan kondusif di Kota Balikpapan, agar pembangunan bisa berjalan dengan baik, investasi bisa masuk, tenaga kerja terserap, sehingga bisa berkontribusi dan semakin tumbuhnya perekonomian daerah.

“Sejalan dengan itu saya ingn mengingatkan juga, bahwa semakin mendekati tahun politik dan pelaksanaan Pemilu tahun 2024, hendaknya kita berkomitmen untuk ikut menyukseskan, ikut mengawal seluruh tahapan pemilu agar berjalan dengan baik,” ujar Sutadi, mengingatkan.

“Di samping itu saya juga berharap, seluruh masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan, serta tidak terpengaruh oleh isu atau berita tidak benar yang biasanya akan banyak beredar menjelang Pemilu dan berpotensi menimbulkan perpecahan dan konflik di masyarakat,” tandasnya.

Reporter : Fauzi
Editor: Wakid Maulana
Publisher: Nurul Anam

Tinggalkan Balasan