Museum Diorama Pancasila Jember Segera Terwujud

Suasana pembahasan desain isi Museum Diorama Pancasila yang dipimpin langsung oleh Bupati Jember, Faida (Foto: Humas for Suara Indonesia News)

JEMBER, Selasa (13/3/2018) suaraindonesia-news.com – Komitmen Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR untuk membangun sebuah Museum Diorama Pancasila sebagai wisata edukasi andalan di Jawa Timur memasuki tahap penataan desain isi museum. Bahkan Bupati Faida sengaja mengundang Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Prof. Yudi Latief, Ph.D dan Dirjen PP Kemenkumham, Prof. Dr. Widowo Ekatjahjana, SH, M.Hum.

Bupati Faida menjelaskan bahwa dirinya telah mempersiapkan Gedung 3 Lantai sebagai tempat museum ini nantinya. “Sudah disiapkan gedung tiga lantai, hari ini kita membahas konten (isi) dan berbagai modifikasi agar Museum Pancasila ini kekinian,”terang Faida usai pembahasan yang bertempat di salah satu hotel di Jember, Senin (12/3) malam.

Faida berjanji bahwa museum ini akan dikemas semenarik mungkin hingga bisa menjadi destinasi wisata keluarga dan juga menjadi promosi potensi pariwisata Jember sendiri.

Baca Juga: Cawagub Puti Upayakan Mbah Shidiq Tercatat Pahlawan Nasional 

Sementara itu, Yudi Latief mengatakan bahwa pendirian museum ini merupakan langkah penting yang patut dicontoh oleh pemerintah daerah lainnya, sebab menumbuhkan pemahaman ideologi Pancasila sangat penting perannya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Bahwa proses berbangsa dan bernegara kita ini tidak simsalabim, ujug-ujug jadi. Proses pencarian dan penggalian dasar negaranya itu sendiri terentang dalam periode yang sangat panjang,” tutur Yudi Latief.

Pancasila ini telah merangkum seluruh muara aliran pencarian para founding father kita. “Ini sebagai pembelajaran anak-anak, jangan terlalu mudah merobohkan konsesus-konsesus nasional ini,” tegasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here