Wabub Sumenep Minta Semua OPD Tingkatkan LPPD Tahun Ini

oleh -190 views
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

SUMENEP, Selasa (16/07/2019) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka mewujudkan transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintahan secara keseluruhan. Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, bertekad meningkatkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun ini.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, mengatakan, jika pihaknya berharap LPPD-nya lebih baik dari tahun sebelumnya, menurutnya sejak tahun 2018 pemkab Sumenep telah menerapkan teknik pengumpulan data secara manual dan menggunakan aplikasi e-LPPD.

“Dengan aplikasi itu diharapkan nantinya angka pencapaian sudah lengkap dengan data-data pendukungnya, bahkan tidak ada data yang hilang dan tidak tercacat,” tuturnya. Selasa (16/07).

Menurut Fauzi, komitmen untuk meningkatkan LPPD, bukan hanya sekedar semangat mendapatkan peringkat yang baik dari tahun-tahun sebelumnya, namun seharusnya guna meningkatkan kualitas kinerja Pemerintahan Kabupaten Sumenep.

Ia berharap, komitmen semua pihak di jajarannya baik pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tim penyusun LPPD serta pihak yang terkait dalam menyusun data LPPD harus tepat waktu.

“Tujuannya, agar ketika ada permintaan data bisa terpenuhi sesuai dengan target ketentuan waktunya,” ujarnya.

Sebab, kata Fauzi, manakala ada surat teguran akibat keterlambatan menyerahkan data mencerminkan kualitas birokrasi.

“Masalah ketepatan waktu permintaan data apapun harus sesuai target waktu yang ditetapkan, supaya tidak berdampak terhadap penyelesaian penyusunan LPPD. Jangan sampai ada surat teguran kepada OPD terkait dengan permintaan data,” tutur ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep ini.

LPPD berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2007 adalah laporan atas penyelenggaraan pemerintah daerah selama 1 tahun anggaran berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang disampaikan kepala daerah kepada pemerintah, dan LPPD yang dilaporkan harus bisa menggambarkan kondisi nyata kinerja pemerintah daerah.

Pengusaha muda sukses ini mengungkapkan, LPPD Kabupaten Sumenep pada tahun 2017 peringkat 17 se-Jawa Timur dan peringkat 48 secara nasional, sehingga diharapkan pada tahun 2019 ini lebih baik lagi.

“Meskipun memperbaiki LPPD bukan target mendapatkan peringkat atau penghargaan, namun sebagai motivasi meningkatkan kualitas kinerja diharapkan LPPD Kabupaten Sumenep pada tahun ini masuk 10 besar nasional,” pungkas wabub Fauzi.

Reporter : Halis
Editor : Amin
Publisher : Mariska

Tinggalkan Balasan