GMPK dan YARA Desak Kadis Peternakan Aceh Segera Menyalurkan Bantuan Sapi Tahun 2018

oleh -132 views
Kiri, Ketua YARA Aceh Timur Indra Kusmera, SH, Ketua GMPK Aceh Timur, Khaidir, SH.

ACEH TIMUR, Senin (29/10/2019) suaraindonesia-news.com – Ketua Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GNPK), Khaidir, SH dan Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Timur, Indra Kusmeran, SH. Mendesak Kepala Dinas Peternakan Provinsi Aceh segera menyalurkan bantuan Lembu untuk kelompok ternak di Aceh Timur.

Bantuan Lembu tersebut diperuntukkan untuk tiga kelompok ternak yang berada di Kabupaten Aceh Timur dengan nama kelompok Seumangat Baru Gampong Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Sumber Tani I Gampong Paya Gajah, Kecamatan Peureulak dan Kelompok Gampong Seuneubok Baro Kecamatan Darul Ihsan.

Ke tiga kelompok ternak tersebut merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Timur ke Dinas Peternakan Provinsi Aceh pada tahun 2017 yang sampai sekarang belum kunjung disalurkan.

Sangat disayangkan karena semua kelompok merupakan masyarakat miskin dan sudah mengeluarkan banyak biaya untuk pengurusan administrasi yang hasilnya bantuan Lembu tersebut tidak kunjung disalurkan.

Ketua GMPK Khaidir, mengungkapkan, pihaknya sudah memberitahukan melalui surat ke Sekda Aceh serta menghubungi dan berkomunikasi dengan dinas Provinsi, ia mengatakan akan segera menyalurkan tapi nyatanya sudah akhir tahun 2019 belum ada kejelasan kapan penyalurannya.

“Padahal tender proyek tersebut sudah dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2018, yang dimenangkan oleh CV. Matang Bungong, CV. Multi Karya Baru dan CV. Lamjaroe,” terangnya.

Menurutnya, sesuai pasal 41 Undang-undang no 31 tahun 1999 serta peraturan pemerintah no 71 tahun 2000, tentang peran serta masyarakat dan ormas dalam pecegahan terjadinya tindak pidana korupsi serta penyalahgunaan wewenang oleh pejabat publik sekaligus untuk membantah isu yang beredar tentang dugaan bantuan tersebut sudah diselewengkan oleh dinas peternakan Provinsi.

“Dari persoalan tersebut, kami dari organisasi kemasyarakatan mengecam dan mendesak dinas peternakan Provinsi Aceh supaya segera menyalurkan dan tidak menahan lagi bantuan tersebut demi kemakmuran dan kesejahteraan kelompok tani Kabupaten Aceh Timur,” tegasnya.

Kepada media ini, Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) dan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) menyampaikan bahwa pihaknya mendesak Kadis Peternakan Aceh supaya tidak menahan serta segera menyalurkan 99 ekor Lembu bantuan untuk tiga kelompok ternak diwilayah Kabupaten Aceh Timur, Kecaman dan desakan disampaikan oleh Ketua GMPK dan YARA Aceh Timur Khaidir SH dan Indra Kusmeran S.H.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Marisa

Tinggalkan Balasan