Gelar Rapat Pleno, RGB Indonesia Putuskan Penggantian Ketua Umum

oleh -215 views
Penasehat RGB Indonesia, Mbah Sulomo (berpeci) mendukung langkah penggantian Ketua Umum RGB, melalui Rapat Pleno RGB pada Minggu, 06 Mei 2023.

SURAKARTA, Minggu (07/05/2023) suaraindonesia-news.com – Ormas Relawan Garda Bhineka (RGB) Indonesia memutuskan penggantian posisi Ketua Umum RGB, pada rapat pleno yang digelar Sabtu (06/05) kemarin, di Gedung Yayasan Sari, turut wilayah Kecamatan Colomadu-Surakarta.

Rapat dihadiri Pengurus DPP, antara lain Penasehat RGB, Wakil Ketua II, Sekjen dan 14 pengurus bidang lainnya, serta 7 perwakilan pengurus dengan surat kuasa. Rapat dipimpin Wakil Ketua II, Giyanto, sedangkan Sekjen yang dijabat oleh Herawan Kristanto, ditunjuk sebagai moderator.

Dengan demikian, terdapat 21 peserta, sehingga dinyatakan telah memenuhi kuorum rapat, sehingga segala yang diputuskan dalam rapat tersebut, menjadi sah dan mengikat.

Akhirnya secara aklamasi, rapat memutuskan penunjukan dan mengangkat Giyanto (Wakil Ketua II) sebagai Plt Ketua Umum RGB Indonesia.

“Paska Pak Ganjar Pranowo diumumkan oleh PDI Perjuangan sebagai calon presiden, organisasi RGB sebagai salah satu relawan pendukung perlu mengambil langkah – langkah guna menyukseskan Ganjar ke RI-1,” terang Giyanto, Minggu (07/05/23) pagi.

Hal pertama yang dilakukan, ungkapnya, yaitu membenahi kepengurusan tingkat DPP yang dinilai telah terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh Ketua Umum RGB, Andarwati.

“Selama ini ketua umum sulit untuk diajak komunikasi dan kordinasi, sehingga tidak ada kejelasan RGB ini mau dibawa kemana. Terkesan berjalan sendiri tanpa ada koordinasi dengan pengurus lainnya,” tambahnya.

Untuk itu, didukung pengurus tingkat DPP ditambah pengurus daerah, pihaknya mengambil langkah pembenahan organisasi melalui mekanisme rapat tersebut.

Sekjen RGB Indonesia, Herawan menjelaskan, rapat pleno digelar dalam rangka merespon dan menindak lanjuti keputusan PDI Perjuangan yang mengusung Ganjar Pranowo, saat ini Gubernur Jawa Tengah, sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang.

“Ada banyak pertanyaan dari anggota di daerah tentang program RGB ke depan. Sementara hingga saat ini, tidak ada instruksi ataupun petunjuk serta kejelasan dari ketua umum. Sehingga ini menjadi langkah evaluasi bagi kepengurusan organisasi,” kata Herawan.

Senada, Mbah Sulomo selaku Penasehat RGB pun merasa prihatin atas kepemimpinan Andarwati, yang mengakibatkan organisasi ini tidak bisa berjalan sesuai harapan.

“Mengelola organisasi tidak boleh untuk kepentingan pribadi dan mengambil keuntungan sendiri. Harus rela berkorban untuk kebesaran dan kemajuan organisasi. Maka, demi berjalannya organisasi secara baik, segera ditunjuk Plt Ketua Umum RGB,” tegas Mbah Sulomo.

Dalam waktu dekat, Plt Ketua Umum bersama jajarannya, segera melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan pengurus RGB ditingkat wilayah provinsi maupun daerah kabupaten/ kota yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

“Kita segera bergerak dan rapatkan barisan seluruh anggota RGB di wilayah Republik Indonesia, guna mendukung pemenangan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI,” tambah Giyanto.

RGB Indonesia dibentuk berdasarkan Keputusan Menkumham RI Nomor AHU:00195.AH.01.07.Tahun 2021, dengan sekretariat di Jalan Pajajaran Barat Sumber – Banjarsari – Surakarta Jawa Tengah.

Reporter : Usman
Editor : Wakid Maulana
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan