Distribusikan Daging Kurban, Pemkab Jember Sediakan 3000 Besek Bambu

Takmir Masjid Al-Baitul Amin sedang membungkusi daging kurban menggunakan besek bambu dari Pemkab Jember. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Minggu (11/8/2019) suaraindonesia-news.com – Imbauan tidak menggunakan kantor plastik merupakan kampanye nasional pemerintah bertajuk ‘Kendalikan Sampah Plastik’, pemerintah melalui kementerian lingkungan hidup meminta masyarakat menggunakan besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan, daun jati dan daun pisang sebagai wadah daging kurban yang ramah lingkungan.

Menyikapi hal tersebut, Pemkab Jember menginisiasi penggunaan besek bambu dalam pendistribusian daging kurban. Pemkab Jember menyediakan 3000 besek bambu yang dipesan kepada pengrajin besek di kecamatan Tanggul.

“Tahun ini kita memulai untuk mengurangi sampah-sampah plastik, kita berlakukan penggunaan besek dari bambu, nah ini kan ramah lingkungan dan juga diproduksi oleh UMKM lokal, ini kita pesan kemarin 3000 besek, produksi UMKM dari tanggul, sehingga bisa memberdayakan ekonomi kerakyatan dan ramah lingkungan,” ucap Bupati Jember, Faida usai menyerahkan secara langsung kurban sebanyak 1 ekor sapi dari Pemkab Jember kepada Warga Binaan Lapas Klas II A Jember, Minggu (11/8) pagi.

Dia berharap masyarakat tidak lagi menggunakan kantong plastik yang dapat mencemari lingkungan.

Sementara itu, koordinator pendistribusian daging kurban Masjid Jamik Al Baitul Amin Jember, Samsul Arifin mengatakan, penggunaan besek bambu baru pertama kali di masjid tersebut. Dia mendukung langkah Pemkab Jember dalam mengurangi pencemaran lingkungan.

“Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita mendapat bantuan dari Pemkab Jember berupa besek bambu sejumlah 1000 besek, mengurangi pencemaran lingkungan dan meminimalisir penggunaan plastik,” kata Samsul di sela-sela aktifitas pendistribusian daging kurban, Minggu (11/8) siang.

Lebih lanjut Samsul mengatakan, Masjid Jami’ Al Baitul Amin dipercaya kembali oleh Pemkab Jember untuk menyalurkan daging kurban kepada para warga Jember yang berhak.

“Dari Pemkab Jember sejumlah 1 ekor sapi, sedangkan jika total keseluruhan, Masjid Jami’ Al Baitul Amin menerima 6 ekor sapi dan 51 ekor kambing dari berbagai donatur untuk disembelih dan didistribusikan,” pungkasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here