Dandim 0110/Abdya Pantau Lansung Pemadaman Karhutla Dikecamatan Babahrot

oleh -67 views
Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo didampingi Kapten Inf Fajar Setyawan (Pasi Intel), Kapten Inf Mohd Arifin (Danramil 07/Babahrot) saat meninjau lokasi terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Di Desa Cot Semantok, Kecamatan Babahrot, Selasa (16/2/202).

ABDYA, Selasa (16/2/2021) suaraindonesia-news.com – Kebakaran Hutan dan Lahan merupakan persoalan yang tidak pernah habis-habisnya, berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah Pusat hingga Daerah dengan bersosialisasi langsung kepada masyarakat namun dengan harapan masyarakat tidak mengolah lahan dengan cara dibakar, akan tetapi hingga kini kebarakaran hutan dan lahan masih sering terjadi akibat kurangnya kesadaran masyarakat.

Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo yang turut didampingi oleh Kapten Inf Fajar Setyawan (Pasi Intel), Kapten Inf Mohd Arifin (Danramil 07/Babahrot) meninjau lokasi terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terletak di Desa Cot Semantok, Kecamatan Babahrot, Selasa (16/2/2021).

Pemadaman 3 titik api tersebut dilakukan oleh, Personel Koramil 07/Babahrot orang yang dipimpin Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Arip Subagiyo, Polsek Babahrot Dipimpin Ipda Ambril Bahkri SH, BPBK Abdya dan Masyarakat setempat.

Pada kesempatanitu, Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Arif Subagiyo mengatakan, setelah mendapatkan kabar bahwasanya adanya kebakaran hutan dan lahan saya langsung menuju kelokasi yaitu DiKecamatan Babahrot.

Dikatakan Dandim, Lokasi tempat kejadian tersebut merupakan lahan gambut dengan luas 3 Ha yang terjadi pada pukul 02.00 dini hari, dan kejadian tersebut terjadi pada malam hari, sehingga titik api hanya bisa padamkan 1 titik saja, dikarenakan terkendala sumber air jauh dari lokasi kejadian sehingga memperlambat peroses pemadaman titik api.

Namun, dalam proses pemadaman titik api tersebut kami menurunkan 1 Unit Mobi Damkar, 3 Unit Genset dan 2 Unit Excavator.

“Dari malam hingga saat ini kami TNI- Polri dan masyarakat masih memadamkan titik api dan Stnby dilokasi kejadian guna mengantisipasi adanya titik sumber api lainnya, karena lahan ini gambut tidak menutup kemungkinan adanya titik api yang akan muncul,” terangnya.

Lebih lanjut, Dandim jug menuturkan, bahwa pihaknya (TNI-Polri dan Insatansi yang ada) telah berupaya melakukan berbagai upaya dalam mencegah terjadinya Karhutla, yaitu dengan melakukan Sosialisasi, Memasang Benner yang berisi himbauan dam dipasang ditempat keramain dan upaya lainnya.

“Saya yakin ini adalah ulah masyarakat kita juga dengan sengaja membakar lahan gambut ini dengan sengaja guna untuk kepentingan pribadi,” tutur letkol Inf Arip Subagiyo.

Kemudian, Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan membuka lahan dengan cara dibakar, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi lingkungan dan masyarakat.

“Jangan karena kepentingan kita sendiri orang lain yang menanggung akibatnya, salah satunya adalah akan terganggunya Kesehatan akibat asap dari kebakaran tersebut,” pungkas Dandim.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Keterangan fhoto ; Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo didampingi Kapten Inf Fajar Setyawan (Pasi Intel), Kapten Inf Mohd Arifin (Danramil 07/Babahrot) saat meninjau lokasi terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)
Di Desa Cot Semantok, Kecamatan Babahrot, Selasa (16/2/202).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *