Atasi Penyakit Pohon Pisang Milik Petani, Ini Langkah DKPP Sumenep

oleh -7 views
Foto: Penyuluh pertanian lapangan (PPL) saat turun ke lokasi untuk mengatasi penyakit pohon pisang milik warga Desa Pakamban Daya, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep. (Foto Istimewa)

SUMENEP, Selasa (30/05/2023) suaraindonesia-news.com – Puluhan hektare tanam pohon pisang milik petani asal Desa Pakamban Daya, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terjangkit penyakit.

Penyakit pada pohon pisang yang membuat petani meradang tersebut langsung mendapat respons Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep.

Kepala DKPP Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto langsung menurunkan penyuluh pertanian lapangan (PPL) untuk mengatasi penyakit yang kabarnya telah menelan kerugian sebanyak puluhan juta tersebut.

“Untuk nama bakterinya Ralstonia Solanacearum, lalu dengan nama jamurnya, Fusarium Oxys Porum,” ungkap Arif Firmanto melalui PPL Kecamatan Pragaan, Nur Hasan Syaifullah, Selasa (30/5/2023).

Untuk mengatasi penyakit tersebut, pihaknya telah melakukan berbagai langkah sebagai upaya menghindari penularan yang bisa terjadi pada tanaman pisang lainnya.

Langkah-langkah seperti dimaksud adalah, sterilisasi pada tanah menggunakan Pseudomonas Fluorescens (PF) bercampur air dan penyuntikan pada pohon pisang menggunakan minyak tanah.

“Salah satu pencegahan penyebaran penyakit bisa dilakukan melalui bahan-bahan tersebut,” tuturnya.

Pihaknya berharap, tatacara mengatasi penyakit pada tanaman pisang ini bisa ditularkan pada petani-petani lainnya.

“Saya berharap cara pencegahan penyakit yang sudah diajari oleh petugas dinas pertanian dapat dipraktekkan oleh para petani di kebunnya masing masing, serta, diketuk tularkan ilmunya kepada petani yang lain,” pungkasnya.

Reporter : Ari
Editor : Abd. Wakid
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan