Polres Abdya Serahkan Berkas Kasus Pembunuhan ke Kejari

Kepala Kejari Abdya, Abdur Khadir yang didampingi Kasi Pidum Firmansyah Siregar, saat menerima berkas perkara pembunuhan beserta barang bukti dan tersangka, dari Kapolres AKBP Andy Hermawan didampingi Kasat Reskrim AKP Misyanto diruang lobi Kejari setempat.

Abdya Aceh, Rabu (9 Agustus 2017) suaraIndonesia-news.com – Berkas perkara pembunuhan tahap dua dengan tersangka Edy Syaputra telah diserahkan penyidik Polres Aceh Barat Daya (Abdya) kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten setempat.

Edy Syaputra didakwa membunuh Wirnalis (62) Fakhrurrazi alias Arul (12), Habibi Askhar Balihar alias Abil (8) dengan motif dendam.

Kapolres AKBP Andy Hermawan menyebutkan, penyidikan kasus pembunuhan yang bermotif dendam itu telah selesai tahap dua yang saat ini akan dilimpahkan ke Kejaksaan untuk proses pengadilan.

“Dalam proses penyelidikan yang relatif singkat dua bulan lebih, maka pihak penyidik polres telah menyelesaikan tahap dua dengan lengkap (P21),” jelasnya.

Kapolres Andy menyebutkan, motif pembunuhan terhadap ibu mertua dan dua anak Kabid Pengairan Dinas PU Abdya, Mulyadi itu didasari alasan sakit hati dikarenakan korban almarhum Wirnalis tidak merestui hubungan tersangka dengan keponaan korban. Baca Juga: Bulog Siap Ganti Rastra Tak Layak Konsumsi

“Pembunuhan ini telah direncanakan jauh sebelumnya dengan alasan tidak direstui hubungan asmaranya dengan salah satu keponaan si korban,” terangnya.

Kepala Kejari Abdya, Abdur Khadir dalam konfrensi presnya, Rabu (9/8/217) mengaku, berkas perkara pembunuhan sadis dengan tiga korban yang terjadi dikediaman korban jalan Lukman Dusun III Gampong Meudang Ara Kecamatan Blangpidie pada Rabu (17 Mei 2017) lalu itu dinyatakan telah lengkap (P21) dan telah memenuhi syarat formil dan materil.

Abdur Kadir juga menyebutkan, kasus pembunuhan itu banyak disoroti oleh masyarakat. Sehingga, pihaknya bersama dengan Polres Abdya berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan kasus tersebut.

“Dalam waktu 2 bulan setengah kasus ini selesai dan sudah mencapai tahap ke dua,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Abdur Khadir menerangkan, pasal yang dituduhkan kepada pelaku yakni pasal 340, pasal 339, pasal 338 dan junto pasal 80 undang-undang perlindungan anak.

“Berkas pelimpahan pada tahap dua ini secepatnya dibuat surat dakwaan untuk dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tapaktuan Aceh Selatan,” tegasnya.

Pantauan awak media, Dalam konfrensi pers yang diikuti Kepala Kejari Abdya, Kapolres Abdya, Kasi Pidum Kejari Abdya dan Kasat Reskrim Polres Abdya di ruang lobi lantai II kantor Kejari Abdya itu dilanjutkan dengan penyerahan berkas perkara dan tersangka beserta dengan barang bukti oleh pihak kepolisian resort Abdya.(Nazli Md).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here