MUI Keluarkan Surat Edaran, Wabup Abdya Hentikan Vaksinasi MR

Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Muslizar, MT.

ACEH ABDYA, Senin (06/08/2018) suaraindonesia-news.com – Terkait dengan pencanangan Imunisasi Measles Rubella (MR) di Kabupaten Aceh Barat Daya Daya (Abdya), diminta untuk dihentikan sementara, hal itu disampaikan Wakil Bupati Abdya Muslizar MT, menyusul beredarnya surat edaran dari Majelis Permusyawa­ratan Ulama (MUI) de­ngan Nomor B-904/DP-MUI/VII/2018 tanggal 25 Juli 2018 tentang vaksin MR.

Menurut Muslizar MT, Dewan Pimpinan MUI telah mengeluarkan su­rat edaran itu sejak bulan Juli 2018 lalu. Harusnya instansi terkait selaku pelaksana harus cepat tanggap dengan informasi tersebut. Namun tampaknya surat edaran tersebut tidak digubris oleh instansi terkait.

Bahkan, Pemkab Abdya telah men­canang­kan pelaksanaan imunisasi/vaksinasi MR itu Rabu (1/8) di MTsN Unggul Susoh. Sejumlah anak juga telah diberikan vaksin dimaksud, sementa­ra kehalalannya belum bisa dipas­tikan.

Muslizar MT mengaku, telah meme­rin­tahkan Dinkes untuk menghentikan sementara pelaksa­naan vaksinasi campak rubella terhadap sejumlah siswa mulai tingkat PAUD, SD/MI hingga SMP/MTs di Abdya.

“Kami sarankan agar program tersebut dihentikan dulu pe­laksanaanya. Sampai ada kesepakatan bersama anta­ra MUI de­ngan Kementerian Kesehatan RI. Apalagi, MUI telah menge­luar­kan edaran kalau vaksin itu belum ada sertifikat halalnya,” ujar Wabup.

Meskipun beberapa hari sebelumnya pihak Pemkab sudah membuka se­cara resmi pencanangan vaksinasi itu. Menurutnya hal itu sudah menjadi tanggungja­wabnya sebagai unsur pimpinan di da­e­rah. Apalagi itu program nasional.

“Din­kes sudah saya arahkan untuk me­nunda dulu pelaksanaanya, sampai ada kabar selanjut­nya,” katanya.

Dia menyesalkan sikap MUI yang tidak melakukan pem­beritahuan lebih awal kepada sejumlah daerah. Salah satunya, Kabupaten Abdya kecolongan, hingga terlaksana program tersebut.

Reporter : Nazli.Md
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here