Sambut Satu Abad NU, Nahdliyin Kota Batu Arak Bendera Raksasa ke Lereng Gunung Panderman

oleh -27 views
Foto: Ketua Panitia, Fathul Yasin, saat jumpa pers di Agro Kusuma Hotel Batu, bersama ketua Tanfidziyah PCNU Kota Batu dan Kapolres Batu

KOTA BATU, Sabtu (04/02/2023) suaraindonesia-news.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Batu, Jawa Timur akan mengibarkan bendera raksasa berukuran 1000 meter kali 1000 meter untuk memperingati puncak hari lahir (Harlah) Satu Abad NU yang akan berlangsung pada Februari bulan ini.

Bendera yang diyakini mendapatkan rekor MURI ini dibawa atau diarak 100 orang warga NU mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bustamul Ulum Dusun Srebet Desa Pesanggrahan Kota Batu menuju curah Banteng lereng Gunung Panderman, Minggu (5/2) siang.

Ketua Panitia Hari Lahir (Harlah) NU Satu Abad PCNU Kota Batu, Fathul Yasin saat ditemui di Agrokusuma Hotel Kota Batu mengatakan rangkaian agenda resepsi satu abad atau 100 tahun NU Kota Batu akan disemarakkan dengan berbagai acara.

Paling istimewa adalah pengibaran bendera raksasa NU 1000 meter kali 1000 yang di curah banteng lereng Gunung Panderman.

“Ini adalah bendera raksasa terbesar yang belum pernah dimiliki organisasi sosial kemasyarakatan lainnya di Indonesia. Insyaallah akan mendapatkan rekor MURI, karena MURI sudah konfirmasi pada kita, bahwa tidak ada bendera berukuran besar seperti yang ada di NU Kota Batu,” jelas Fathul Yasin.

Ia berharap kepada warga NU dan masyarakat yang mengantarkan pengibaran bendera harus dalam kondisi sehat, karena naik ke puncak gunung memerlukan tenaga yang fit, sehat nan bugar.

“Kalau kondisi kesehatannya kurang fit, kurang sehat mending kalau mengikuti ke sana tidak usah ikut. Insyaallah selepas Zuhur bendera sudah dikibarkan dan bisa terlihat dari pusat kota,” tegasnya.

Fathul Yasin menambahkan, setelah pengibaran bendera, tim dari MURI akan melakukan penilaian dan mereka juga akan memberikan piagam penghargaan pada PCNU Kota Batu.

Selain acara rangkaian resepsi satu abad NU dengan pengibaran raksasa, lanjut Yasin masih ada belasan agenda lainnya yang telah dimulai sejak Desember 2022 hingga 26 Febuari 2023.

“Diantaranya menggelar sosialisasi Germas dan vaksinasi yang dilakukan pada Desember 2022. Kemudian menggelar NU Talent yang pelaksanaannya pada 20 Januari hingga 20 Febuari,” ungkap pria yang juga mantan kuli tinta ini.

Ustaz di salah satu pondok pesantren di Junrejo ini mengungkapkan, rangkaian acara juga ada turnamen futsal antar pondok pesantren, turnamen tenis lapangan NU cup dan kolosal 1000 terbang jidor.

“Selain itu juga ada apel 1000 Banser, tahlil kubro, dan khidmah resepsi Satu Abad NU yang akan berlangsung di Sidoarjo pada 7 Febuari 2023,” jelasnya.

Semetara itu, PJ Walikota Batu Aries Agung Paewai mengatakan dengan digelarnya Harlah NU Satu Abad, pemerintah kota mengapresiasi karena merupakan ajang silaturahmi antar warga NU, masyarakat dan sekaligus sebagai syiar agama Islam.

“Pemerintah kota mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan harlah satu abad. Semoga kegiatannya bisa berjalan baik dan sukses,” kata Aries Agung.

Reporter: Adi Wiyono
Editor: Wakid Maulana
Publisher: Nurul Anam

Tinggalkan Balasan