Ratusan Siswa SMPN 04 Batu Gelar Karya P5 Kurikulum Merdeka

oleh -53 views
Foto: Pembukaan Pendampingan Penguatan Rumah Sakit Swasta di Aula RS Patar Asih, Deli Serdang. (Foto: M. Habil Syah/SI)

KOTA BATU, Jumat (16/6/2023) suaraindonesia-news.com – Ratusan siswa siswi SMPN 04 kota Batu menggelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang berlangsung di Halaman sekolah desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji kota Batu, Kamis-Jumat 15-16 Juni 2023.

“Tujuan menggelar P5 ini tak lain untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila” kata kepala SMPN 04 Kota Batu, Henu Lismiyati.

Ia mengatakan, gelaran Karya P5 tersebut mengangkat tema Bhineka Tunggal Ika. meski demikian ada nuansa yang berbeda karena gelar karya tersebut merupakan sebuah kolaborasi antara menejemen sekolah dan warga sekolah dalam mewujudkan program Kurikulum Merdeka.

“Program Kurikulum Merdeka adalah inisiatif baru yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia,” jelsa Henu Lismiati.

Menurutnya, program ini bertujuan untuk memberikan kebebasan yang lebih besar kepada sekolah dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa setempat.

“SMPN 04 Batu menjadi salah satu sekolah yang berkomitmen untuk menerapkan program ini,” kata dia, lebih lanjut.

Ia menyebut, Gelaran Karya P5 ini menjadi ajang yang tepat untuk memperlihatkan hasil dari program Kurikulum Merdeka.

“Siswa-siswi SMPN 04 Batu menampilkan karya-karya mereka yang mencerminkan semangat Bhineka Tunggal Ika, sekaligus menggambarkan pengalaman belajar yang berbeda dan unik dari setiap individu,” ujarnya.

Baca Juga: Lagi, Pasar Relokasi Kota Batu Terbakar, Kerugian Ditaksir Capai Rp 300 Juta

Melalui seni tari, musik, teater, dan seni rupa, kata dia, siswa-siswi menggambarkan keberagaman budaya Indonesia dengan penuh kebanggaan.

“Mereka menampilkan tarian tradisional dari berbagai daerah, menggabungkan alat musik tradisional dengan modern, memainkan drama yang mengangkat cerita-cerita lokal, dan menciptakan karya seni rupa yang memperlihatkan kekayaan ragam bentuk dan warna,” ucapnya.

Dia menambahkan, keterlibatan orang tua juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan program Kurikulum Merdeka di SMPN 04 Batu. Mereka terlibat dalam proses pengambilan keputusan, memberikan masukan, dan mendukung anak-anak mereka dalam menghadapi tantangan belajar yang baru.

“Dalam hal ini, manajemen sekolah membuka dialog yang terbuka dengan orang tua, membangun kemitraan yang kuat antara sekolah dan rumah,” pungkasnya.

Reporter: Adi Wiyono
Editor: Wakid Maulana
Publisher: Nurul Anam

Tinggalkan Balasan