Pilgub Jatim, Gerindra Munculkan Nama Achsanul Qosasi

Achsanul Qosasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Rabu (08 Novembwr 2017) suaraindonesia-news.com – Partai Gerindra ingin membuat poros baru di Pilgub Jawa Timur 2018 bersama PAN dan PKS. Setelah menyebut sejumlah nama, kini Gerindra menyodorkan nama anggota BPK Achsanul Qosasi untuk diusung sebagai cagub.

“Kami membaca bahwa warga Jatim masih terbuka terhadap opsi-opsi baru calon gubernur. Kami yakin nama Achsanul bisa juga bersaing dengan dua calon lain yang sudah muncul saat ini, yakni Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf,” ujar Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangannya, Selasa (7/11/2017) melansir dari laman detikcom.

Seperti diketahui, dua kekuatan besar di Pilgub Jatim memunculkan nama Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa. Namun Gerindra tengah menginisiasi agar ada alternatif calon lainnya.

Partai pimpinan Ketum Prabowo Subianto itu sebenarnya sudah memunculkan sejumlah nama. Seperti La Nyalalla Mattalitti hingga eks Pangarmatim Laksamana Madya TNI (Purnawirawan) Moekhlas Sidik. Namun kini, Gerindra memunculkan nama baru yakni Achsanul yang hingga saat ini masih menjabat sebagai Anggota BPK.

Baca Juga: Sembuh dari Penyakit, Polwan Cantik Bripda Mutia Syahra Kembali Bertugas 

Achsanul sendiri merupakan pria asal Sumenep dan dinilai cukup punya nama di Jawa Timur. Dasco menganggap karier politik mantan Anggota DPR RI itu juga sudah mumpuni.

“Pak Achsanul adalah salah satu tokoh Jawa Timur yang cukup berhasil dalam kiprah politiknya di Jakarta. Selain sukses sebagai anggota DPR RI dari dapil Jawa Timur, beliau juga terpilih sebagai anggota BPK,” jelas Anggota Komisi III DPR tersebut.

Dasco menyebut Achsanul sudah memiliki basis pendukung di Jawa Timur. Eks politikus Demokrat tersebut pun dianggap mampu memimpin Jatim.

“Beliau memiliki basis pendukung yang kuat dan punya kemampuan menangani persoalan ekonomi makro dan mikro,” tutur Dasco.

Hanya saja, usulan nama ini belum final. Keputusan masih menunggu rekomendasi dari Prabowo Subianto sebagai ketum dan juga Ketua Dewan Pembina Gerindra.

“Penentuan final bacagub Jawa Timur akan dilakukan oleh Pak Prabowo. Namun kami semua diberi kesempatan untuk memberikan masukan mengenai siapa sosok yang tepat, lengkap dengan pertimbangan-pertimbangannya,” terang Dasco.

Sebelumnya, PAN menyatakan siap ikut dalam poros baru yang diinisiasi oleh Gerindra. PAN pun menyodorkan sejumlah nama kadernya untuk bisa dijadikan cawagub dalam poros baru itu.

Beberapa nama yang disodorkan PAN adalah Bupati Bojonegoro, Ketua DPW PAN Jatim Masfuk, hingga anggota DPR asal Jember sekaligus musisi papan atas Anang Hermansyah.

“PAN memiliki kader yang mumpuni yang memiliki kapasitas yang teruji kompetensi dan popularitas yang tinggi seperti Suyoto, Masfuk, dan Anang Hermansyah,” papar Sekjen PAN Eddy Soeparno. (Red/SI)


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here