Bupati Nias Bersama Tim KARS Pusat Melakukan Survey Akreditasi RSU Gunungsitoli

oleh -360 views
Tim KARS Survey Akreditas di RSUD Gunungsitoli.

NIAS, Rabu (8 November 2017) suaraindonesia-news.com – Untuk meningkatkan pelayanan kesahatan di Rumah Sakit Daerah Guningsitoli Kabupaten Nias, Tim KARS pusat melakukan survey Akreditas. Acara tersebut dilaksanakan di aula RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias.

Acara tersebut di hadiri oleh Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Loli. MM, Sekda Kabupaten Nias Drs. F.Yanus Larosa, M.AP, Direktur RSUD Gunungsitoli dr. Julianus Dawolo, M.Kes dan para Tim Survei Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Marthin Luther Harefa, SKM.M.Kes, Tim survei dari KARS Indonesia, Para Kepala Dinas, dan beberapa Dokter RSUD Gunungsitoli, Bagian Umum dan Keprotokolan Sekda Kabupatem Nias dan sejumlah pegawai Dinas Kesahatan di RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias.

Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli, MM dalam sambutannya mengatakan, bahwa sesuai amanah Undang-Undang No.44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit pada pasal 40 menyatakan peningkatan Mutu pelayanan di Rumah Sakit wajib di lakukan Akreditasi Secara berkala.

“RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias pada tahun 2012 telah terakreditasi 5 pelayanan Dasar sesuai dengan Akreditasi Versi 2017,” jelasnya.

Lanjutnya Bupati, dia Mengharapkan kepada Tim Survey KARS Indonesia agar dapat meningkatkan motivasi kepada semua pegawai RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias karena RSUD Gunungsitoli telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan RI melalui Surat Keputusan No. HK/02.03/I/0348/2013 sebagai Rumah Sakit kelas C dengan kapasitas 218 tempat tidur.

Pada kesempatan itu Bupati Nias menjelaskan bahwa RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias telah ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada tahun 2014 dan implementasi sebagai PPK-BLUD RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias terhitung mulai 01 januari 2015.

“Oleh karena itu Pemerintah Daerah Kabupaten Nias terus meningkatkan mutu pelayanan melalui pemenuhan sarana /prasarana, peralatan Kesehatan,sumber daya manusia, dan lebih-lebih untuk pemenuhan persyaratan standar akreditasi versi 2012 ini,” ungkap Bupati.

Kegiatan survey akreditas ini berlangsung selama tiga hari mulai Selasa (7 /11/2017) sampai Kamis (9/11-2017).

Tim yang melakukan Survey KARS di RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias yaitu dr. H Abdul Rival, M.Kes, dr. Purwo Setyanto, Sp.B MARS, Lince Gultom, S.Kp, M.Kes.

“Ketiga tim tersebut berasal dari lembaga akreditasi independen yang diakui oleh pemerintah,” sambungnya.

Adapun beberapa tugas yang dilakukan oleh tim survey KARS tersebut antara lain Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien( PMKP), Manajemen Penggunaan Obat (MPO), Kualifikasi dan Pendidikan Staf ( KPS) Tata Kelola Kepemimpinan dan Pengarahan (TKP) Manajemen Fasilitasi dan Keselamatan (MFK), Akses Pelayanan Komunitas Pelayanan (APK) Asesmen Pasien (AP), Pelayanan Pasien (PP) Pelayanan Anestesi Bedah (PAB) Manajemen Komunikasi dan Informatika (MKI), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) Kah Pasien dan Keluarga (PPK), Millenium Development Goals (MDGs), Pencegahan dan Pengetahuan Infeksi (PPI). (Aro Ndraha).

Tinggalkan Balasan