NAPI Jember Juga Dapat Layanan Perekaman KTP-el

Proses perekaman KTP-el di ruangan aula Lapas Klas II A Jember. (Foto: Istimewa)

JEMBER, Sabtu (23/6/2018) suaraindonesia-news.com – Meskipun statusnya adalah narapidana, tidak berarti hak kewarganegaraannya juga dikebiri. Rasanya ungkapan itu tepat untuk menggambarkan bahwa narapidana pun wajib mempunyai kejelasan identitas sebagai warga negara. Oleh sebab itu, Dispendukcapil Jember hari ini melakukan perekaman KTP-el kepada para warga binaan, Sabtu (23/6/2018).

“Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Dirjendukcapil Depdagri Nomor 270/10.405/DUKCAPIL tertanggal 21 Juni 2018 yang memerintahkan Dispendukcapil Kota maupun Kabupaten untuk melakukan perekaman KTP-el bagi para warga binaan lapas di daerahnya masing-masing,” kata Kepala Dispendukcapil Jember, Sri Wayuniati.

Hal ini tentunya juga untuk menjamin warga binaan dapat ikut serta memilih gubernur dalam ajang Pilgub Jawa Timur.

Ada 850 napi, lanjut Yuni, 310 napi akan direkam sebagai tahap awal, dan ada kemungkinan bisa bertambah jika ditemui lagi ada yang belum memiliki atau hilang dan lainnya. Mereka yang sudah direkam, lalu menerima Surat Keterangan (Suket) sebagai status sementara pengganti KTP-el sembari menunggu status Print Ready Record (PRR) atau status siap cetak dari Pusat.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here