Kacabdin Pendidikan Prov Jatim Buka Ekonomi Kreatif SMA, Kerjasama Dengan Disporabudpar dan Diskopindag Sampang

oleh -106 views
FOTO : Kacabdin Pendidikan Prov Jatim di Kabupaten Sampang, Mas'udi Hadiwijaya, saat menerima Dewan Pendidikan Sampang, di aula mini Kacabdin Pendidikan Jl Kusuma Bangsa, Sampang. (FT/Nor/SI)

SAMPANG, Rabu (26/6) suaraindonesia-news.com – Baru 4 bulan menjabat sebagai Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Provinsi Jawa Timur, di Kabupaten Sampang, Mas’udi Hadiwijaya, membuat terobosan menarik dengan membangun hubungan kerjasama dengan Disporabudpar dan Diskopindag Sampang, dalam rangka membangun ekonomi kreatif siswa SMA dan SMK.

Hal itu terungkap, saat menerima kunjungan silaturrahmi Dewan Pendidikan Sampang, yang diterima diruang aula mini kantor Cabdin Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Jl Kusuma Bangsa, Sampang. Menurut Mas’udi, saat ini pihaknya sedang membuka terobosan baru pengembangan ekonomi kreatif siswa SMA dan SMK Kabupaten Sampang.

“Ekonomi kreatif siswa SMA dan SMK ini, untuk membangun kemandirian siswa dengan mengembangkan kreatifitas dalam berbagai bidang. Sehingga, memiliki kemampuan skill dalam diri siswa dan bisa berwirausaha untuk memperbaiki ekonominya,” terang Kacabdin Pendidikan Prov Jatim Mas’udi Hadiwijaya, dihadapan 11 orang anggota Dewan Pendidikan Sampang.

Dijelaskan, pihaknya membangun hubungan dengan Disporabudpar Sampang, karena ada bidang yang menangani ekonomi kreatif. Sehingga, dengan bekerjasama dengan Disporabudpar khususnya bidang ekonomi kreatif, akan menambah wawasan dan pendampingan untuk pengembangan ekonomi kreatif di sekolah SMA dan SMK.

Baca Juga: Dinsos PPPA Sampang, Bantu Ibu dan 3 Orang Anaknya Yang Terpaksa Mengemis di Jalanan

“Sementara kerjasama dengan Diskopindag Sampang, dalam rangka meminta bantuan kios di pasar baru Margalelah, untuk tempat pemasaran hasil ekonomi kreatif para siswa SMA dan SMK,” imbuhnya.

Menariknya, Kacabdin Pendidikan Prov Jatim Mas’udi Hadiwijaya, juga membuat inovasi RISEN dan RUDAL. Risen (rumah inspirasi pendidikan). Ini sebagai bentuk inovasi penggunaan rumah dinas multifungsi. Artinya, untuk tempat pertemuan skala kecil demi kemajuan pendidikan Sampang.

“Rumah singgah bagi guru dan siswa dalam mengikuti kegiatan prestasi di kota Sampang. Dan, kegiatan positif yang lain dalam membangun pendidikan di Sampang,” imbuhnya.

Sementara RUDAL (rumah digitalisasi). Artinya, untuk menjawab tantangan ke depan di era digitalisasi, maka pentingnya memiliki tempat dalam mengedukasi guru dan siswa, dalam pengembangan kemampuan digitalisasi.

Sekedar diketahui, silaturrahmi Dewan Pendidikan Sampang dengan Kacabdin Pendidikan Provinsi Jatim, dalam rangka perkenalan antara Ketua Dewan Pendidikan Sampang yang baru menjabat. Demikian pula Kacabdin Pendidikan yang baru 4 bulan menjabat sebagai Kacabdin Pendidikan Provinsi Jatim di Sampang.

Juga, menjelaskan tentang tupoksi Dewan Pendidikan Sampang. Dan ijin untuk mengadakan monitoring ke lembaga SMA yang merupakan wilayah Cabdin Pendidikan Prop. Jatim. Terutama terkait peningkatan IPM pendidikan.

Reporter: Nora
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan