Jembatan Klungkung Jember Sebentar Lagi Dapat Digunakan Warga

oleh -100 Dilihat
Foto: Bupati Jember Hendy Siswanto mengecek pengerjaan jembatan Klungkung.

JEMBER, Rabu (20/4/2022) suaraindonesia-news.com – Jembatan penghubung 4 desa yang berada di Dusun Gendir Desa Klungkung Kec. Sukorambi ambrol diterjang debit air sungai Jompo yang sangat deras pada Februari 2020 lalu.

Jembatan ini sangat vital menghubungkan 4 Desa yaitu Desa Klungkung dan Desa Karangpring Kec. Sukorambi, Kelurahan Banjarsengon dan Kelurahan Jumerto, Kec. Patrang Jember.

Pemerintah pun membuatkan jembatan darurat dari bambu yang hanya dapat dilewati motor dan pejalan kaki.

Namun jembatan darurat tersebut kembali hanyut terbawa arus sungai pada 17 Februari 2021.

Kini jembatan tersebut sudah dibangun kembali. Jembatan tersebut dibangun dengan anggaran sebesar Rp. 3,7 miliar menggunakan skema pembiayaan tahun jamak atau multiyears.

Bupati Jember Hendy Siswanto meninjau  pembangunan jembatan dengan panjang 33,6 meter dan lebar 6,5 meter dibangun dengan rangka beton tanpa pilar tengah tersebut.

“Insyaallah dengan rangka beton seperti ini aman hingga satu abad ke depan,” ujar Bupati Jember Hendy Siswanto yang berlatar belakang insinyur teknik sipil, Selasa (19/4/2022).

Hendy menargetkan jembatan tersebut dapat dipergunakan warganya pada lebaran kali ini.

“Untuk awal hanya boleh dilewati kendaraan roda dua dan pejalan kaki dulu, sembari menunggu penguatan rangka betonnya yang masih basah, nanti kalau sudah kering maksimal barulah kendaraan roda empat boleh melintas juga,” ujar Hendy Siswanto.

Lebih lanjut, dia memperkirakan jembatan tersebut selesai 100 persen tahap finishingnya pada Juli 2022 mendatang.

“Semoga jembatan ini dapat membawa keberkahan bagi perekonomian warga di sini,” doanya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Ipul

Tinggalkan Balasan