Jelang Hari Raya Idhul Adha 2024, DKPP Sumenep Mulai Lakukan Cek Kesehatan Hewan Kurban

oleh -2 views
Foto : Sejumlah tim bidang peternakan dan kesehatan hewan DKPP Sumenep melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idhul Adha.

SUMENEP, Kamis (13/06) suaraindonesia-news.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan telah gencar melakukan pemeriksaan hewan kurban mejelang Idul Adha 1445 H/2024.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan semua hewan kurban pada hari raya Idhul Adha 1445 H/2024 dalam keadaan sehat dan aman dikonsumsi bagi masyarakat.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Sumenep dr. Zulva mengatakan sejauh dalam pantaunnya sejak awal juni sampai sekarang tidak ada hewan yang ditemukan yang terjangkit penyakit.

Baca Juga: Tingkatkan Kesejahteraan Guru, Disdik Sumenep Kembali Akan Salurkan Insentif Guru dan Non PNS

“Kami sudah melakukan pemeriksaan atau pemantauan semua hewan kurban di lapak-lapak dan dipasar hewan semua dan ini semua ada timnya masing-masing, jadi aman untuk dikonsumsi,” terangnya. Kamis (13/06/2024).

Sementara untuk di pasar hewan kata dia, tim yang diterjunkan langsung kepetugas yang bertepatan tugas paramedis, dikarenakan dipasar hewan tersebut menyebar.

“Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan pangan untuk dikonsumsi masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, untuk saat ini kondisi Penyakit Mulut Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD) sudah mulai tidak ada.

Pihaknya juga berharap bagi masyarakat diharapkan untuk minta dilakukan vaksin pada hewan ternaknya yang terjangkit penyakit.

“Harapan saya terutama bagi hewan yang terkena panyakit PMK karena disini kami menyiapkan vaksin PMK itu semuanya gratis tidak biaya sama sekali,” pungkasnya.

Reporter : Ari
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan