Hari Ini, Dandim 0110/Abdya Buka Latgul Bencal

oleh -75 views
Dandim 0110/Abdya letkol Inf Arip Subagiyo.saat memimpin upacara pembukaan latgul Bencal dihalaman kantor Bupati Abdya.

ABDYA, Senin (14/12/2020) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka meningkatkan kemampuan penanganan dan pertolongan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam, Kodim 0110/Abdya secara resmi membuka Latihan Penanggulangan Bencana Alam dan Tsunami di Halaman Kantor Bupati setempat di Gampong (Desa) Keude Paya, Kec. Blangpidie.

Pelaksanaan Latihan Penanggulangan bencana alam Kodim 0110/Abdya TA. 2020 ini bertujuan guna melatih dan menguji kesiap siagaan satuan sesuai dengan Prosedur Tetap (Protap) yang dibuat satuan dalam menghadapi bencana alam dan untuk menguji kemampuan Komandan Kodim dan Perwira Stafnya maupun aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Abdya, dan Organisasi terkait dalam mengolah kemampuan operasional pelaksanaan kegiatan di dalam organisasi penanggulangan bencana alam yang di hadapi.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 14-17 Desember 2020 tersebut akan dilaksanakan tahap demi tahap mulai brifing hingga praktek di lapangan di Desa Mesjid, Kecamatan Tangan- tangan.

Selain itu juga pada latihan ini melibatkan hampir seluruh unsur perbantuan baik kesehatan, pengawalan, dapur umum hingga bantuan teknik maupun unsur evakuasi. Dalam latihan ini akan disimulasikan berbagai perkembangan situasi yang terjadi dilapangan juga peranan Posko dalam mengatur dan memobilisasi pergerakan tim evakuasi hingga management penanganan pengungsi.

Dalam sambutannya Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo menyampaikan, bahwa latihan ini rutin dilaksanakan untuk melatihkan para personel sehingga mereka senantiasa siap dalam menghadapi setiap perkembangan situasi yang terjadi terkait terjadinya bencana alam.

“Dengan begitu, unsur posko sebagai pengendali dan unsur SAR selaku pengevakuasi dapat sinkron serta mengetahui tugasnya siapa berbuat apa,” sebut Dandim.

Selanjutnya, Dandim juga menghimbau agar Peserta tetap melaksanakan protokol kesehatan pada saat Pelaksanaan kegiatan nantinya dengan selalu menjaga kebersihan baik di lingkungan, keluarga maupun di lingkungan masyarakat.

“Tetap menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan setiap saat,” pungkasnya.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Keterangan Photo : Dandim 0110/Abdya letkol Inf Arip Subagiyo.saat memimpin upacara pembukaan latgul Bencal dihalaman kantor Bupati Abdya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *