Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Kalapas Kelas IIA Pamekasan

oleh -13 views
Foto: KPLP Lapas Kelas II A Pamekasan Leksono Novan saat memberikan Cinderamata kepada Napi.

PAMEKASAN, Sabtu (01/06/2024) suaraindonesia-news.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Pamekasan, Seno Utomo, menjadi inspektur upacara dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di halaman depan Kantor Lapas Kelas IIA Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Pada hari Sabtu (01/06/2024).

Dalam Pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapas Kelas IIA Pamekasan tahun ini, memiliki makna tersendiri bagi segenap insan pemasyarakatan khususnya petugas Lapas Kelas IIA Pamekasan, yaitu dengan tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″.

Kalapas Kelas II A Pamekasan Seno Utomo melalui KPLP Lapas Kelas II A Pamekasan Leksono Novan Saputra
mengatakan, tujuan dari upacara ini adalah untuk memperkuat satu kesatuan dan kebersamaan sebagai warga Negara

Sehingga sebagaimana diketahui terutama didalam lapas ini sendiri baik warga binaan, petugas dan lain-lain sudah tentu berasal dari kultur budaya dan latar belakang yang berbeda beda akan tetapi tetap tidak melunturkan semangat persatuan dan kesatuan.

“Semoga dengan adanya hari kesaktian Pancasila ini, saktinya Pancasila tidak akan pernah luntur sampai kapanpun Kerena bagaimanapun itu sudah ada sejak sekian tahun lamanya akan tetap ada pada diri kita semua,” kata Novan.

Menurutnya, rakyat Indonesia harus senantiasa harus terus menerus mengingat jasa para pahlawan yang gugur demi eksistensi Pancasila agar tetap berdiri kokoh.

Baca Juga: Datangi Kantor DPC Partai Gerindra, KH Kholilurrahman Yakin 99,9 Persen akan di Rekom Gerindra

“Mari kita bersama sama untuk mewujudkan warga binaan yang berani, mandiri, trampil dan dapat turut serta dalam pembangunan nasional sebagaimana yang menjadi tujuan dari pemasyarakatan,” ajak Novan.

Pihaknya berharap warga binaan yang telah menjadi pidana di luar maupun pidana yang masih didalam dapat memaknai hari kelahiran pancasila untuk memperkuat rasa nasionalisme sehingga para warga binaan menyadari kesalahannya dan tidak mengulangi perbuatan pidana sehingga dapat menjadi warga negara yang lebih berguna dan bermanfaat khusunya untuk negara Kesatuan republik Indonesia.

“Maka dari itu kita pahami kembali secara mendalam dan tanamkan Pancasila dalam jiwa kita semua,” tandasnya.

Reporter : May
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan