Rambin Aek Milas Kembali Dibangun

Rambin Pasca Terseret Sungai

Paluta, Suara Indonesia-News.Com – Pasca terseretnya Rambin (jembatan gantung) Aek Milas Desa Pangirkiran yang disebabkan meluapnya aek sibung membuat akses lalu lintas penyeberangan vital bagi masyarakat di lima (5) desa menuju lahan pertanian dan menuju dua (2) dusun, yaitu dusun siholbung dan dusun lubuhudan lumpuh total.

Seperti kita ketahui sebelumnya rambin (jembatan gantung) ini  terputus kabel slingnya dihantam arus sungai Aek sibung yg meluap. Sehingga lalu lintas penyeberangan terputus,dimana rambin ini merupakan lalu lintas penyeberangan vital bagi masyarakat.

Rambin Setelah Selesai Dibangun
Rambin Setelah Selesai Dibangun

H.Tamma Hasibuan yang juga sebagai Kepala Desa Pangirkiran Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengatakan kepada awak suara indonesia, sebagai kepala desa pangirkiran yang berperan dipemerintahan desa tersebut, sehari setelah pasca putusnya Rambin tersebut langsung mengadakan koordinasi dengan perangkatnya dan BPD serta kepala desa tetangga yaitu rondaman siburegar, balimbing,paolan, dan hambulo yang diketahui oleh camat halongonan.

Hasil Koordinasi antar desa tersebut tutur H.Tamma disepakati untuk mengajukan laporan sekaligus permohonan kepada bupati paluta sebagai pemangku Daerah dan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) paluta ujarnya.

H.Tamma menambahkan bahwa pengajuan tersebut di sikapi dgn positif dan menyetujui perbaikan atau penggantian Rambin yang sudah putus tersebut.

Dikatan H.Tamma, Pengerjaan jembatan gantung ini dimulai pada pertengahan april 2015 dan penyelesaiannya pertengahan 2015.

Adapun Perubahan Rambin yang lama dengan Pasca penyelesaian rambin tersebut kata H.Tamma adalah adanya penambahan panjang yakni Rambin yang lama dengan ukuran 30 meter sementara yang baru 40 meter, paparnya.

H.Tamma Hasibuan selaku Kepala Desa Pangirkiran berharap kepada pemakai atau masyarakat yang mempergunkan Rambin tersebut  ikut serta menjaga dan merawat Rambin tersebut agar terjaga  ketahanannya, sebab Rambin ini lalulintas yang Vital bagi masyarakat pungkasnya.

Sementara Kebanyakan Masyarakat di lima (5) Desa dan Dua (2) Dusun Melalui Group Facebook Pangirkiran Menyanjung Kecakapan dan Tindakan yang cepat dari Kepala Desa Pangirkiran H.Tamma Hasibuan.(Asrul/Iran).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here