Bupati Lumajang Buka Sosialisasi Pengelolaan DD di Hotel Ijen Suite Malang

Bupati Lumajang, Drs. As'at, M.Ag saat membuka Sosialisasi pengelolaan transfer ke daerah dan Dana Desa (DD) bagi pemerintah desa bertempat di Ballroom hotel Ijen Suite, Malang,

LUMAJANG, Kamis (01/02/2018) suaraindonesia-news.com – Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag , membuka Sosialisasi pengelolaan transfer ke daerah dan Dana Desa (DD) bagi pemerintah desa bertempat di Ballroom hotel Ijen Suite, Malang, Kamis (1/2/2018) siang.

Di hadapan peserta sosialisasi, Bupati menyampaikan, bahwa sasaran strategis pemerintah menjadi acuan untuk bekerja lebih baik dan maksimal.

Menurut Bupati, usulan masyarakat juga diterima untuk menciptakan program yang berpihak pada kepentingan masyarakat. “Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) kita saat ini sudah mendapatkan nilai B, itu sudah lebih bagus dari tahun kemarin yang nilainya CC,” kata Bupati Lumajang.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Agus Wicaksono, S. Sos., menyampaikan komitmen Bupati saat ini meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintah untuk kepentingan pelayan kepada masyarakat.

Ia menambahkan, untuk percepatan pembangunan masyarakat, sebagai mana telah di intruksikan oleh Presiden Jokowi agar dana untuk desa segera ditransfer, namun proses tersebut terhambat oleh kewajiban yang yang harus dipenuhi oleh desa.

“Saya yakin jika kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya mempercepat pembangunan, melainkam juga memperkuat pemerintahan kita,” tutur politisi PDIP ini.

Dan untuk tahun Tahun 2018, kata Agus, DD akan dicairkan dengan 3 tahapan, yaitu 20%, tahapan berikutnya 40% dan terakhir 40%.

Ia berharap program program di tingkat desa dilaksanakan dengan baik, dan harus mengikutkan masyarakat. Partisipasi masyarakat harus tinggi di tahun ini.

Baca Juga: BNN Manfaatkan Gerhana Bulan Untuk Sosialisasi Narkoba 

“Harus tepat membuat program untuk masyarakat,” tambahnya.

Disisi lain, Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Drs. Gawat Sudarmanto melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberi persepsi yang sama tentang dana transfer bagi pemerintah desa.

Hal itu, dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahpahaman dikemudian hari. Acara itu, juga dalam upaya menghimpun berbagai masukan atau usulan dari pemerintah desa.

“Uneg-uneg bendahara desa, uneg-uneg kepala desa, camat, sampaikan pada ahlinya mumpung ketemu,” ujarnya.

Sekda menambahkan, khusus pencairan ADD maupun DD maupun BKK tahun ini atas perintah Bupati akan dcairkan dalam waktu 1×24 jam dengan syarat sudah melengkapi persyaratan yang ditentukan.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh Camat, Kades dan bendahara desa se Kabupaten Lumajang.

Sedangkan narasumber terdiri dari Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, KPPN Jember, dan Kepala DPMD Kabupaten Lumajang.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Agira
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here