Wamendag RI Minta Pemkab Jember Agar Menghidupkan Lagi SRG

oleh -227 views
Wamendag Jerry Sambuaga didampingi Wabup Jember MB Firjaun saat meninjau kondisi SRG Jember. (Foto: Dok. Pemkab Jember).

JEMBER, Sabtu (5/6/2021) suaraindonesia-news.com – Wakil Kementrian Perdangan RI Jerry Sambuaga, menyayangkan kondisi gudang Sistem Resi Gudang (SRG) Kabupaten Jember yang tidak beroperasi secara maksimal sejak tahun 2017.

Hal itu diungkapkan, saat memberikan sambutan dalam acara kunjungannya ke SRG Kabupaten Jember, Sabtu (5/6/2021).

Padahal menurutnya, SRG memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat, bagi para petani terutama di saat harga dari hasil panen mengalami penurunan.

Pasalnya gudang tersebut dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan gabah untuk dijual kembali, ketika harga di pasaran telah kembali normal.

“Pertanyaan saya, kenapa SRG ini tidak beroperasi. Padahal ini kan banyak fungsinya, bisa untuk memyimpan hasil pertanian saat harganya turun dan dijual lagi nanti atau tunda jual,” ungkapnya.

Jerry menjelaskan, saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO), yang bertujuan untuk mempermudah penjualan hasil pertanian.

Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi peluang besar untuk dimamfaatkan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember.

“Kita juga sudah bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia, kalau disimpan disini pasti sudah ada pembelinya. Tapi kita menyediakan alternatif untuk retail, jadi barang-barangnya bisa dijual di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Dirinya berharap agar Pemerintah, dapat segera menghidupkan kembali fungsi SRG dan mengelolanya dengan lebih baik.

“Jadi tolong untuk temen-temen Pemerintah Daerah, SRG ini dihidupkan dan dikelola kembali dengan baik. Saya yakin pasti bisa,” pintanya.

Sementara Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman menyampaikan, pihaknya bertekad membangkitkan Kabupaten Jember di segala sektor, oleh karena itu Wabup Jember Gus Firjaun mengharap kolaborasi dan sinergi dengan siapapun untuk tercapainya kemajuan Jember.

“Kami bertekad membangkitkan Jember di segala sektor, termasuk juga sektor pertanian. Kami mengharap kolaborasi dan sinergi dengan Kemendag RI,” kata Wabup Gus Firjaun.

Beberapa gebrakan telah dilakukan pada 100 hari pertama kerjanya, lanjut Gus Firjaun, seperti di antaranya prioritas pengembangan tembakau dengan target pemasaran ke Bremen Jerman dan peningkatan produksi kedelai edamame.

Gus Firjaun menyampaikan, untuk membangkitkan kembali potensi tembakau sebagai potensi utama Kabupaten Jember, Pemkab Jember akan menyelenggarakan festival internasional Jember Kota Cerutu Indonesia pada bulan Juli 2021. Festival ini akan menjadi pemicu kebangkitan ekonomi di Kabupaten Jember.

“Kami menyatakan siap melaksanakan pesan dan arahan bapak Wamendag untuk menfungsikan Gudang SRG ini, dan sekali lagi kami berharap sinerginya, program apa saja kami siap menerima demi kemajuan bagi Kabupaten Jember,” pungkasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *