Wabup Blora: Dana Baznas Diserap dari Zakat Bukan APBD

oleh -22 views
Penerima Bantuan Siti Damiyatini saat menandatangani bantuan Baznas didampingi Wakil Bupati Blora Arief Rohman M.Si dan sebelah kanan baju putih ketua Baznas Kab. Blora KH. H. Ali Muchdhoji

BLORA, Jumat (5/4/2019) suaraindonesia-news.com — Dana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merupakan dana yang diserap dari anggaran zakat para karyawan dan karyawati yang mau memberikan Zakatnya 2,5%, bukan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Blora Arief Rohman saat menjelaskan sumber dana dan fungsi dari dana baznas untuk membantu fakir miskin di kabupaten Blora.

Wabup mencontohkan, seperti bantuan rumah tidak layah huni yang diberikan di kelurahan tegalgunung RT/RW. 06/01 kecamatan Blora kota kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah.

“Seperti program bedah rumah milik Siti Damiyatini (50) mendapatkan bantuan RP.15.000.000,- karena rumahnya sudah tidak layak huni serta kondisinya sangat memprihatinkan, dalam rumah ditempati 5 orang terdiri dari 2 orang tuanya dan 2 putranya serta 1 dirinya sendiri,” terang Wakil Bupati Blora Arief Rohman, Kamis (4/4/2019).

Arief Menyampaikan bahwa baznas akan targetkan 1 milyar dalam bulan April 2019 guna membantu masyarakat Blora khususnya yang kondisi rumahnya tidak layak huni.

“Ketika ada Informasi dari warga Blora berkaitan dengan kondis rumah yang tidak layak huni dan memprihatinkan, kami akan survey dahulu setelah itu Baznas akan bantu berupa banguman,” tegas Wabup.

Bersamaan dengan hal tersebut di lokasi penyaluran anggaran kepada salah satu warga Blora yang mendatkan bantuan, Ketua Baznas KH. H. Ali Muchdhoji Menyampaikan bahwa saat ini langsung membangun semuanya karena anggaran sudah disiapkan.

“Ini langsung kami bangun bersama tentara, polisi, warga kelurahan dan Baznas,” terangnya.

Sementara itu, Siti Damiyatini salah orang yang mendatkan bantuan baznas dengan kesehariannya sebagai pembantu rumah tangga, menyampaikan bahwa dirinya mengucapkan terimakasih banyak kepada Baznas karena sejauh ini dirinya sering kali was was jika hujan tiba, sebab kondisi rumah yang ia tempati sudah sangat miring serta tidak bisa ditempati.

“Saya bersyukur sudah mendapatkan bantuan dari Bapak wabup dan Baznas,” singkatnya.

Reporter : Lukman
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *