Sukseskan Pemilu 2019, Desa Gambiran Tulungagung Gelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Linmas

oleh -58 views

TULUNGAGUNG, Jumat (5/4/2019) suaraindonesia-news.com — Pemilu 2019 tinggal beberapa minggu lagi, suksesnya pesta demokrasi 5 tahunan ini merupakan tanggung jawab semuanya. Unsur pemerintah baik pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah, terus melakukan upaya baik peningkatan kapasitas keamanan, penyelenggaraan, maupun sosialisasi kepada masyarakat.

Pemerintah Desa Gambiran, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, tidak mau ketinggalan, dan benar-benar serius menyambut pesta demokrasi tersebut.

Hal kongrit yang dilakukan adalah menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Linmas, Senin (25/3), di Balai Desa Gambiran.

Hadir dalam kegiatan itu, belasan anggota Satlinmas Desa Gambiran, Babinsa, Babinkamtibmas dan petugas dari kantor Kecamatan Pagerwojo (Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa).

Kepada awak media, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Reza Zulkarnain mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas terhadap satlinmas adalah pengaplikasian visi presiden dalam nawacitanya.

“Visi nawacita presiden di poin ke 3 mengatakan, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Nah kegiatan ini juga sesuai dengan nawacita presiden. Jadi sangat perlu untuk dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara menurut Kades Gambiran Bejo, sosialisasi dan Bimbingan teknis linmas meliputi beberapa hal. Diantaranya bagaimana menjaga situasi agar pelaksanaan pesta demokrasi tetap kondusif di tengah adanya perbedaan pilihan masyarakat desa.

“Kita sampaikan juga kiat-kiatnya, bagaimana caranya Linmas nanti membantu lansia jompo ketika mencoblos waktu pemilu maupun pilkades. Kemudian bagaimana Linmas menjaga kondusifitas ketika pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan pemilu maupun pilkades. Termasuk bagaimana caranya meredam situasi seumpama terjadi gejolak di tengah-tengah masyarakat,” papar Kades Bejo.

Bejo menegaskan, kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis satlinmas ini, ialah semata-mata untuk mensukseskan pemilu dan pilkades di desanya.

“Desa Gambiran harus mampu mensukseskan pemilu dan pilkades serentak. Maka dari itu, penguatan dan peningkatan kapasitas satlinmas harus dilakukan dari sekarang,” pungkasnya.

Reporter : Dlo
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *