Turunkan Angka Kriminalitas, Kades Nguter Butuh Bimbingan Katim Cobra

oleh -65 views
Kepala Desa (Kades) Nguter, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jatim, Sulaiman, berkoordinasi dengan Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran SH.

LUMAJANG, Jumat (30/8/2019) suaraindonesia-news.com – Demi menurunkan angka kriminalitas yang sering terjadi di sejumlah tempat Kabupaten Lumajang, seperti pencurian dan perampokan, Kepala Desa (Kades) Nguter, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jatim, Sulaiman, berkoordinasi dengan Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran SH.

Menurutnya, kriminalitas ini sangat menyebabkan keresahan warga, apalagi pada saat warga meninggalkan rumah untuk mengunjungi sanak saudara. Maka dari itu, kata Sulaiman, pihaknya perlu adanya bimbingan atau sosialisasi agar warga semakin waspada terhadap segala bentuk kriminalitas yang biasa terjadi saat lebaran.

“Alhamdulillah, di desa saya situasi aman dan kondusif. Namun itu, kami masih butuh bimbingan dari Kasat Reskrim dengan Tim Cintanya,” ungkapnya, usai mendatangi kantor Inspektorat Kabupaten Lumajang.

Menurut Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran SH, mengatakan jika dalam hal ini, peran masyarakat sangat berarti dalam mewujudkan kondisi yang aman dan nyaman. Selain itu peran dan kewajiban masyarakat dalam membuat situasi aman dan nyaman juga sudah dilakukan bersama Tim Cobra Polres Lumajang.

“Kami bersama Tim Cobra, sering kali melakukan patroli hingga ke pelosok desa, agar masyarakat ikut peduli dalam menjaga keamanan wilayahnya,” paparnya.

Meningkatkan keamanan desa ini, kata Kepala Tim (Katim) Cobra ini, guna mewujudkan kesejahteraan bersama. Di Kabupaten Lumajang, menurut AKP Hasran, sudah ada program pengamanan oleh masyarakat yang sangat efektif jika program tersebut dapat berjalan dengan baik yaitu sistem keamanan lingkungan (siskamling).

“Di Lumajang sudah dikenal dengan Satgas Keamanan Desa (SKD) yang dilengkapi dengan alat komunikasi HT, yang itu mempermudah menginformasikan semua kejadian di masyarakat,” beber mantan Kasat Narkoba Polres Jombang ini.

Namun, Katim Cobra ini berharap, masyarakat selalu waspada terhadap segala gerak gerik tindakan yang mencurigakan. Jika ada, segera melaporkan kepada pihak terkait.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Mariska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *