Panwas Kota Batu Sebut Pemasangan APK Disejumlah Kawasan Kota Batu Illegal

Panwas Kota Batu Sebut Pemasangan APK Disejumlah Kawasan Kota Batu Illegal

KOTA BATU, Minggu (4/3/2018) suaraindonesia-news.com – Pemasangan Alat Peraga Kampaye (APK) disejumlah kawasan kota Batu, oleh Panwalu Kota Batu dinilai liar atau illegal, tidak sesuai dengan Peraturan komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 4 tahun 2017 tentang kampaye Kepala Daerah yang memuat aturan baru penetapan titik dan jenis APK.

Yogi Eka Chalid Dewisi Pencegahan dan hubungan antar Lembaga Panwaslu Kota Batu saat ditemui, Minggu (4/3/2018) mengatakan pemasangan APK disejumlah kawasan dikota Batu tidak sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh KPU dan tidak mendapatkan ijin dari KPU.

“Untuk itu, Jangan memasang APK yang dimodifikasi sendiri yang disain sendiri atau atas kehendak sendiri, semua wajib dan harus sesuai desain materi dan ukuran yang ditetapkan oleh KPU Jatim,” jelas Yogi.

Baca Juga: Usai Diberhentikan Sementara Polsek Bogor Timur, PGN Kembali Ditegur Dishub 

Lanjutnya, Panwas kota Batu meminta Kepada Tim Sukses, relawan dan pengurus Parpol tim kampaye pemenangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Jatim 2018 jangan memsang APK yang tidak sesuai dengan PKPU nomor 4 tahun 2017.

“Kami mohon untuk tidak memasang APK yang tidak sesuai desain KPU, dari pada menebar banyak dan memasang APK tetapi kemudian dicabuti oleh Panwas persama satpol PP kota Batu,” ungkapnya.

Meski demikian, dirinya mengedepankan aspek persuasif untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran kampaye, dan dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengirim surat ke Tim pemenangan Calon Kepala daerah sebagai bentuk pencegahan.

“Meski demikian, hari ini dan besuk kita akan bergerak bersama Satpol PP untuk untuk mencabuti gambar-gambar yang tidak sesuai dengan desain KPU,” kata Yogi.

Ia juga mengungkapkan, Pendirian posko atau rumah pemenangan pasangan caolon harus ijin KPU, termasuk APK yang tertempel harus sesuai materi desain, maka seperti gambar yang ada calegnya, pengurus partai apa itu jangan itu dilarang.

“Termasuk mobil branding tidak boleh karena itu katagori stiker, karena pemasangan stiker itu ada ukuran yang ditetapkan oleh KPU,” pungkasnya.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here