Mulai Besok, Bisa Transfer Hingga Rp 1 Miliar

oleh -41 views
Febrina menerangkan mekanisme SKNBI yang resmi diterapkan mulai besok 1 September 2019. (Foto : Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Sabtu (31/8/2019) suaraindonesia-news.com – Bank Indonesia menyempurnakan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang merupakan sistem transfer dana.

Deputi Pembayaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Febrina mengatakan penyempurnaan SKNBI ini bertujuan supaya masyarakat dapat melakukan transaksi transfer dana secara lebih efisien dan lebih lebih cepat sehingga diharapkan mampu mendorong ekonomi inklusif.

“Jadi ada beberapa hal yang diatur terkait jam layanan dari 5 kali menjadi 9 kali dalam sehari, capping transaksi, kemudian biaya,” jelas Febrina dalam jumpa pers di gedung perwakilan BI Jember, Jumat (30/8/2019)

Lebih detil penyempurnaan SKNBI di antaranya penurunan biaya dari maksimal. Rp 5.000 menjadi maksimal Rp 3.500 dengan tujuan memberikan layanan transfer dana yang lebih murah bagi masyarakat.

Selain itu proses settlement SKNBI yang semula dilakukan setiap 2 jam dipercepat menjadi setiap 1 jam sehingga masyarakat dapat menerima dana secara lebih cepat, dan peningkatan batas nominal transaksi transfer dana dari Rp 500 juta menjadi Rp 1 miliar dengan tujuan mengakomodasi kebutuhan masyarakat, baik individu maupun korporasi, untuk transaksi dengan nominal yang lebih tinggi.

Penyempurnaan layanan SKNBI tersebut akan diimplementasikan mulai besok, 1 September 2019.

Sementara periode settlement sebelumnyaa lima kali dalam satu hari untuk layanan transfer dana yaitu pukul 09.00, 11.00, 13.00, 15.00, dan 16.00, maka setelah disempurnakan SKNBI ini menjadi  sembilan kali dalam satu hari untuk layanan transfer dana dan layanan pembayaran reguler, yaitu pukul 08.00, 09.00, 10.00, 11.00, 12.00, 13.00, 14.00, 15.00, 16.45 WIB.

“Kemudian service level agreement (SLA) kebijakan saat ini yakni penyelesaian transaksi dilakukan maksimal dua jam masing-masing di bank pengiriman dan bank penerima, maka penyempurnaan kebijakan penyelesaian transaksi dilakukan maksimal satu jam masing-masing di bank pengirim dan bank penerima,” imbuhnya.

Untuk pricing SKNBI yang dikenakan peserta kepada nasabah, kebijakan saat ini maksimal Rp 5.000,- untuk semua layanan SKNBI, penyempurnaan kebijakan, layanan transfer dana maksimal Rp 3.500,- dan layanan lainnya (kliring, warkat debit, layanan pembayaran reguler dan layanan kliring penagihan reguler tetap (Rp 5.000).

Seluruh proses transfer dana mulai pada Senin tanggal 2 September 2019 telah menerapkan ketentuan tersebut.

“Seluruh bank juga wajib menginformasikan penyempurnaan transfer melalui SKNBI kepada nasabah ditempat yang mudah terlihat oleh nasabah, selanjutnya bank juga diimbau menginformasikan penyempurnaan SKNBI melalui seluruh komunikasi bank kepada nasabah,” tegasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Mariska

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *