Kemendikbud RI Visitasi Gudep 02.007 – 02.008 SDN 1 Matang Seulimeng

Walikota Langsa Usman Abdullah SE bersama Ditjen PSD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melakukan visitasi Gudep 02.007 - 02.008 Sekolah Dasar Negeri. Kamis (1/8/2019). (Rusdi Hanafiah/SI).

LANGSA, Kamis (1/8/2019) suaraindonesia-news.com – Ditjen PSD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Wiryono bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Drs. H. Mustafa, M. Pd melakukan visitasi Gudep 02.007 – 02.008 Sekolah Dasar Negeri 1 Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa.

Kehadiran tim visitasi itu disambut oleh Walikota Langsa Usman Abdullah,SE, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa Dra. Suhartini M.Pd, Kwarda Aceh, Kwarda Kota Langsa, jajaran Forkopimcam Langsa Barat dan sejumlah Kepala Sekolah serta perang Gampong setempat.

Visitasi itu dilakukan dalam rangka penilaian lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria Nasional tahun 2019.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa Dra. Suhartini M.Pd dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan tata kelola Gugus Depan Sekolah Dasar yang ada di Kota Langsa, mempercepat penbentukan karakter bagi siswa melalui pendidikan Kepramukaan.

Dikatakan Suhartini, sebelumnya pihaknya telah melaksanakan perlombaan tersebut ditingkat Kota yang dikemas dalam bentuk rekreasi dan edukatif dengan melibatkan Kwarcab Kota Langsa dan Dewan Kerja Cabang (DKC).

“Setelah mendapatkan pemenang kami mengirimkan portofolio ke Kwarda Aceh, setelah menunggu beberapa lama akhirnya masuk dalam tiga besar,” jelasnya.

Dirinya berharap, tahun ini Kota Langsa bisa kembali mewakili Aceh ke tingkat Nasional dan mendapatkan juara.

Sementara itu, tim visitasi Drs. H. Mustafa, M. Pd merasa terkesan dengan penyambutan dari semua pihak terkait dan penampilan dari adik-adik Pramuka penggalang yang luar biasa.

Namun pihaknya belum bisa menyampaikan hasil, karena ada tiga sekolah yang akan dievaluasi.

Mustafa berharap, apa yang sudah dilakukan oleh SDN 1 Matang Seulimeng dapat memicu sekolah-sekolah lainnya yang ada di Kota Langsa untuk meningkatkan pendidikan kepramukaan yang merupakan kurikulum wajib.

Ditempat yang sama, Walikota Langsa Usman Abdullah, SE menyebutkan, pemerintah Kota Langsa terus melakukan pembangunan di bidang pendidikan, termasuk mendukung penuh organisasi pramuka, saat ini secara bertahap Pemko Langsa akan implementasikan progam Dasa Karya Gerakan Pramuka yang telah dicanangkan oleh Cut bang Budi Waweso.

“Salah satunya upaya kita untuk mendirikan sentra perkemahan terintegrasi di kawasan Hutan Kota Langsa untuk ini mohon dukungannya, serta kita terus melakukan manajemen aset yang baik,” imbuhnya.

Lanjutnya, Pembangunan karakter building manusia lebih penting dari pembangunan yang lain, karena pembangunan karakter building ini tidak mudah dilakukan, perlu waktu dan proses, apabila karakter manusia baik maka semuanya akan baik, kalau pembangunan fisik dan insfrastruktur itu sangat mudah terukur.

“Makanya Pemkot Langsa sangat serius dalam hal membangun karakter building manusia, termasuk pembinaan di Pramuka ini,” imbuhnya.

Walikota mengajak semua pihak untuk berdoa, semoga Gudep SD Negeri . 1 Matang Seulimeng dapat menjadi yang terbaik di Tingkat Nasional.

“Kepada Tim penilai, silahkan melaksanakan tugas sebagaimana mestinya,” tukas Walikota.

Reporter : Rusdi Hanafiah
Editor : Amin
Publisher : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here