Ini Pesan Bupati Sumenep Saat Melantik PAW Kades Poteran

oleh -24 views
Bupati Sumenep Saat Melantik PAW Kades Poteran.

SUMENEP, Senin (9 April 2018) suaraindonesia-news.com- A. Busyro Karim Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Melantik kepala desa terpilih Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Poteran Kecamatan Talango, di Ruang Arya Wiraraja Kantor Bupati setempat, Senin (9/4/2018).

Bupati Sumenep mengatakan, Kepala Desa merupakan representasi pemerintah desa yang menjadi aktor penting dalam pembangunan Desa. oleh karena itu, tugas, wewenang dan tanggung jawab Kepala Desa diatur secara detail dalam UU nomer 6 tahun 2014 tentang Desa. Pasal 26 ayat (1). UU Desa mengatur empat tugas utama kepala desa, yakni antara lain.

“Menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan dan pembinaan masyarakat, serta memberdayakan masyarakat. Karna semangat UU Desa menempatkan Kepala Desa bukan kepanjangan tangan pemerintah, melainkan sebagai pemimpin masyarakat,” Ujarnya.

Bupati juga mengatakan pemimpin harus mempunyai sifat amanah. bila pemimpin hanya memiliki sifat, misalnya tegas atau santun, maka belum dapat dijadikan ukuran pemimpin ideal. keidealan pemimpin harus ditopang sepenuhnya dengan sifat amanah. Keamanahan pemimpin sesungguhnya menjadi sifat dasar bagi kebaikan dan kemuliaan pemimpin.

“Pemimpin amanah akan menghadirkan langkah dan kebijakan yang selalu berpihak pada nurani dan nilai-nilai spiritualitas, sehingga tindakannya akan selalu selaras dengan kebaikan masyarakat secara luas,” Tambahnya.

Untuk itulah, kata bupati, pada kesempatan ini, ada beberapa pesan penting yang ingin pihaknya tekankan :

Pertama, Bupati berharap kepala desa menjadi pemimpin bagi seluruh masyarakat desa. Karena kepala Desa bukan milik keluarga, pendukung atau golongan apapun, karenanya harus bisa berdiri diatas semua kepentingan, yakni kepentingan masyarakat.

Kedua, seorang kepala desa harus rajin turun ke lapangan. pastikan semua program dan kegiatan tepat sasaran, karena hal ini akan berpengaruh besar pada tingkat kepercayaan masyarakat pada kinerja seorang kepala desa. semakin baik pelayanan, maka kepercayaan masyarakat juga akan meningkat.

Ketiga, tahun 2018 ini, dana desa di sumenep sebesar 276, 3 milyar. ditambah dengan alokasi dana desa, masing-masing desa di sumenep mendapat anggaran desa 1 milyar. kelola dana keuangan desa secara tertib dan transparan. dana desa bukan milik pribadi, tapi milik masyarakat.

Keempat, bekerjalah profesional, dengan dedikasi dan loyalitas demi kemakmuran dan kemajuan desa. layani masyarakat dengan sepenuh hati dan setulus hati, meskipun harus tetap mengedepankan sikap kehati-hatian.

Kelima, kedepankan semangat dan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas dan kerja berkualitas, serta lakukan gerakan inovatif dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat, yang muaranya harus tetap diarahkan pada percepatan terwujudnya visi dan misi kabupaten sumenep 2016-2021, Pungkasnya.

Reporter : Fajar
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *