Tingkatkan Kemampuan Aparat, Kodim 0826/Pamekasan Gelar Latihan Teknis Teritorial

oleh -10 views
Foto: Dandim 0826/Pamekasan Letkol Inf Herik Prasetiawan saat menggelar pelatihan di Aula Makodim 0826/Pamekasan.

PAMEKASAN, Senin (10/06) suaraindonesia-news.com – Guna memelihara dan meningkatkan kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) dalam pelaksanaan tugas Kodim 0826/Pamekasan menyelenggarakan Latihan Teknis Teritorial tahun anggaran 2024 yang diselenggarakan di Aula Makodim 0826/Pamekasan. Senin (10/06/2024).

Latnister dibuka dengan penyematan tanda peserta latian oleh Dandim 0826/Pamekasan Letkol Inf Herik Prasetiawan selaku Komandan Latihan (Danlat).

Dalam amanatnya Dandim 0826/Pamekasan mengatakan bahwa, hakekat diselenggarakannya Latnister ini adalah merupakan suatu upaya komando atas untuk memberikan pembekalan pengetahuan dibidang teritorial guna menambah dan mengasah kembali kemampuan teritorial. Dengan demikian diharapkan insan teritorial lebih peka dalam menyikapi perkembangan situasi dan kondisi wilayah saat ini.

Baca Juga: Dukung Perkembangan UMKM, Babinsa Koramil 0826-08 Palengaan Laksanakan Komsos dengan Peternak Ayam

“Adanya bermacam perkembangan radikal saat ini perlu kita antisipasi bersama dengan melibatkan seluruh komponen yang ada di wilayah, baik pemerintah daerah, Kodim dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah,” ujar Letkol Inf Herik Prasetiawan.

“Latnister yang sekarang kita laksanakan mudah-mudahan akan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan Apkowil dalam diteksi dini maupun cegah dini, dihadapkan dengan segala bentuk ancaman yang dapat mempengaruhi persatuan dan kesatuan bangsa,” terangnya.

Dalam akhir amanatnya Letkol Inf Herik Prasetiawan memberikan penekanan-penekanan yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh peserta diantaranya; Pertama, kemampuan deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat. Kedua, selaku Apkowil hendaknya lebih banyak melakukan penguasaan wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Ketiga, hindari sikap masa bodoh atau tidak mau tahu terhadap setiap perkembangan situasi wilayah yang dapat berkembang menjadi sebuah ancaman. Keempat, kuasai ilmu informatika dan teknologi. Terakhir laksanakan latihan ini dengan sebaik-baiknya dan manfaatkan Latnister ini sebagai wahana untuk meningkatkan kemampuan kalian sebagai Apkowil yang provesional, militan, modern dan dicintai rakyat.

Latihan Teknis Teritorial akan berlangsung selama 5 hari, yaitu pelaksanaan teori dan praktek, daintaranya tahap 1 teori selama 1 hari, tahap 2 praktek parsil selama 2 hari dan tahap 3 praktek lapangan selama 2 hari.

Adanya Latnister nantinya para Apkowil dapat memahami dan mampu tentang sikap teritorial serta memahami dan mampu tentang 5 kemampuan teritorial.

Reporter : May
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan