Tempat Latihan Tempur Sikatan Daya Jadi Destinasi Wisata

oleh -9 views
Bupati Lumajang saat menerima Komandan Pangkalan Udara Abdul Rahman Saleh, Marsekal Pertama TNI.

LUMAJANG, Sabtu (26/9/2020) suaraindonesia-news.com – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) bersama Komandan Pangkalan Udara Abdul Rahman Saleh, Marsekal Pertama TNI, Wayan Superman menjadikan lokasi Latihan Tempur Sikatan Daya tahun 2020 yang akan digelar di Lapangan Tembak Air Weapon Range (AWR) Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh.

Hal ini disampaikan Bupati pada saat Rakor yang dilaksanakan di Aula Panti PKK Kabupaten Lumajang, beberapa waktu yang lalu.

Dikatakan Bupati Lumajnag, bahwa Latihan Tempur Sikatan Daya tahun 2020 dijadwalkan akan digelar selama tiga hari, yang dimulai pada tanggal 28 September 2020. Namun latihan tersebut akan difokuskan di Lanud Abdul Rahman Saleh, sedangkan tanggal 29 September 2020 akan dilaksanakan di lapangan tembak AWR Pandanwangi.

“Dan pada tanggal 30 September 2020 latihan akan dilaksanakan di AWR Pandanwangi tepatnya malam hari pukul 20.00 WIB,” papar politisi PKB ini.

Dan terkait latihan tempur yang akan dilaksanakan oleh TNI AU, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan mensinkronkan dengan konsep military tourism. Jadi, masyarakat nantinya akan bisa menyaksikan secara langsung latihan tempur dari TNI AU baik dari segi kekuatan, kelebihan dan keistimewaan Tentara Nasional Indonesia, terutama TNI Angkatan Udara yang akan melaksanakan latihan tempur di AWR Pandanwangi.

“Nanti masyarakat akan bisa melihat langsung bagaimana pesawat tempur TNI AU akan melakukan manufer baik penembakan maupun pengeboman. Itu juga sebagai bagian dari TNI yang juga melakukan transparansi terhadap masyarakat dalam kegiatan atau program untuk ketahanan Indonesia. Saya harap kedepan konsep military tourism betul-betul menjadi kerjasama antara kami dengan teman-teman TNI,” ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati menjelaskan, bahwa Pemkab Lumajang akan mendukung persiapan teknis dalam penyelenggaraan latihan tempur TNI AU.

Bupati Lumajang berpesan kepada masyarakat Lumajang yang ingin menyaksikan secara langsung latihan tempur TNI AU, maka harus tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan jaga jarak. (adv).

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publikasi : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *