Si-Darja DPUTR Pati Menuju Digitalisasi Data Barang dan Jasa

oleh -10 views
Foto: Sekretaris DPUTR Kabupaten Pati, Kristina Inti Retnoningrum, ST; MM penggagas aplikasi Si-Darja.

PATI, Jumat (14/06) suaraindonesia-news.com – Inovasi terbaru dari DPUTR Kabupaten Pati, Si-Darja, secara resmi telah diluncurkan.

Si-Darja merupakan sebuah Sistem Informasi Data Barang Jasa bertujuan meningkatkan kualitas pembangunan di Kabupaten Pati.

Namun demikian, karena masih relatif baru, sistem ini diakui belum sempurna dan akan ada pengembangan aplikasi menyesuaikan kebutuhan.

Demikian dikatakan Sekretaris DPUTR Kabupaten Pati, Kristina Inti Retnoningrum selaku project leader sekaligus penggagas Si-Darja.

Baca Juga: Audiensi dengan DPUTR Pati, PKL Alun-alun Kembangjoyo Minta Pembangunan Fasilitas

“Masih belum sempurna. Akan ada pengembangan apkikasi menyesuaikan kebutuhan di masing – masing bidang yabg ada di DPUTR Pati”, kata Kristina, Jumat (14/06/24).

Menurutnya, saat ini aplikasi baru memasukkan (meng-input) data terkait belanja modal dan pemeliharaan. Sementara untuk belanja barang jasa, belanja hibah dan bansos, belum.

“Ada 3 tahapan program. Jangka pendek, menengah dan panjang. Yang jangka pendek, ini yang baru saya buat. Yang kita masukkan baru 2 jenis, yakni belanja modal dan pemeliharaan”, tambahnya.

Guna penyempurnaan aplikasi, ungkap Kristin, hari ini pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap admin masing – masing bidang. Hasilnya, belum ditemukan kendala yang berarti.

Selaku pengendali sistem, Kristina berharap aplikasi hasil inovasinya ini dapat berlaku sesuai harapan dalam rangka memudahkan penyajian data secara digital bagi yang berkepentingan.

“Terutama saat ada pemeriksaan dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), semua sudah tersaji di aplikasi.Si-Darja”, tutur Kristina.

Reporter : Usman
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan