Rail Clinic dan Rail Library Layani Warga Sempolan

Keberadaan rail clinic mendapat sambutan positif dari masyarakat oleh karena itu, PT. KAI akan terus menambah rail clinic dan meningkatkan pelayanan serta fasilitasnya. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Senin (29/4/2019) suaraindonesia-news.com – PT. KAI mempunyai cara inovatif dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terpencil dengan merombak gerbong kereta layaknya rumah sakit berjalan. Gerbong kereta ini dinamakan rail clinic yang di dalamnya terdapat pelayanan kesehatan seperti poli umum, poli gigi, poli mata, layanan kesehatan ibu dan anak, laboratorium dan apotik. Adapun tenaga medisnya terdiri dari dokter, asisten dokter, petugas laboratorium, perawat dan apoteker.

Rail clinic hari ini, Senin (29/4/2019) berhenti di Stasiun Sempolan Jember dan memberikan layanan kesehatan gratis kepada 300 orang warga sekitar stasiun.

Rail clinic diciptakan sebagai bentuk kepedulian PT.KAI kepada masyarakat juga sarana sosialisasi keselamatan transportasi kereta api bagi warga di sekitar rel kereta api.

Rail clinic kali ini telah memasuki generasi ke 4 dimana dalam rangkaian kereta juga terdapat gerbong perpustakaan (rail library) untuk para siswa-siswi.

“Kali ini rail clinic menggunakan generasi terbaru yaitu dilengkapi dengan rail library atau Perpustakaan, jadi di samping pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat, hari ini kami juga mengajak siswa-siswa sekolah untuk belajar di rail library,” terang Manajer Humas DAOP 9 Jember, Luqman Arif.

Rangkaian rail clinic dan rail library berhenti di Stasiun Sempolan. (Foto: Guntur Rahmatullah)

Di dalam rail library terdapat berbagai jenis buku yang dapat dibaca oleh para siswa dan 6 buah monitor untuk mengajarkan kepada siswa tentang e-library (perpustakaan digital).

PT. KAI juga mengajak warga untuk turut menjaga aset dan perlengkapan sarana transportasi kereta api demi keselamatan bersama.

“Mudah-mudahan dengan acara ini dapat memperdekat PT KAI kepada masyarakat dan tumbuh kepedulian masyarakat untuk turut serta menjaga aset perjalanan kereta api khususnya di wilayah stasiun sempolan ini,” harapnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Mariska


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here