Protes Harga Tembakau, Sejumlah Aktivis Demo Kantor DPRD Pamekasan

oleh -13 views
Sejumlah aktivis bersama petani ketika melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor DPRD Pamekasan, Senin (10/8/2020).

PAMEKASAN, Senin (10/08/2020) suaraindonesia-news.com – Sejumlah aktivis bersama petani melakukan aksi demonstrasi di Depan Kantor DPRD Pamekasan, Senin (10/8/2020).

Aksi yang bertajuk, ‘Selamatkan Petani Tembakau Pamekasan’ tersebut diawali dengan long march dari monomen arek lancor menuju kantor DPRD Pamekasan dan diakhiri di kantor Bupati Pamekasan.

“Kami meminta agar Bupati Pamekasan bisa menunaikan janjinya terkait dengan pembelaan pada petani tembakau,” kata salah satu kordinator aksi.

Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rahman mengapresiasi aksi tersebut. Menurutnya, kualitas dari tembakau yang dihasilkan petani di Pamekasan tidak sebanding dengan harga yang didapatkan oleh petani.

“Tembakau Madura itu komoditi unggulan, tidak ada yang menyaingi. Karena tembakau Madura itu salah satu klaster yang diakui dunia,” jelasnya.

Dilanjutkan Ketua DPRD, ambruknya harga tembakau di Pamekasan menjadi salah satu masalah yang serius. Pasalnya, terdapat beberapa oknum yang memainkan harga tembakau tersebut.

“Saya punya data-datanya, tahun kemarin itu Gudang garam sudah menentukan harga tertinggi dan harga terendahnya. Jadi, ada tiga orang pembeli yang diutus oleh gudang garam. Tetapi kita di lapangan hal itu tidak terjadi,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e menyampaikan bahwa saat ini Pemkab tengah berusaha untuk memperbaiki permasalahan tataniaga tembakau di Pamekasan.

Dalam hal tersebut Pemkab telah mengadakan beberapa kali fokus group discution (FGD), memfasilitasi pertemuan petani dengan pabrikan rokok untuk menentukan harga di Pamekasan.

“Selain itu, kami juga telah membuat regulasi yang bisa ditaati bersama-sama, baik itu petani maupun pihak pengusaha dan pemerintah,” tambahnya.

Karena hal tersebut, pihaknya akan terus mengurai permasalah-permasalahan tembakau yang ada di kabupaten pamekasan secara serius.

“Tidak mungkin kita membiarkan dari tahun ke tahun permasalahan ini berulang dan tidak ada solusi yang efektif,” lanjutnya.

“Semoga beberapa langkah taktis yang kita lakukan serta masuk-masukan dari temen-temen ini menjadi kebijakan kita bersama-sama, terutama dalam meningkatkan harga dan kualitas tembakau di Pamekasan,” tandasnya.

Reporter : My
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *