Pelaksanaan Pilkades Tahap 3 di Jember Sudah Lebih Baik

Bupati menyatukan tangan kedua calon kepala desa Tanggul Kulon yang telah berjanji untuk menjaga kondusifitas. (Foto: Guntur Rahmatullah).

JEMBER, Kamis (19/9/2019) suaraindonesia-news.com – Bupati Jember Faida mengapresiasi penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap ketiga. Menurutnya pilkades tahap ketiga yang dilaksanakan hari ini, Kamis (19/9/2019) di 40 Desa tersebar 7 kecamatan telah lebih baik dari penyelenggaraan pilkades tahap sebelumnya. Pertama mengenai hasil coblosan, sekarang sudah tidak ada keraguan lagi ketika didapatkan hasil coblosan ganda namun tidak sampai mengenai area calon kades lainnya.

“Sudah dianggap sah apabila ada coblosan ganda namun tidak sampai mengenai area calon kades lainnya, dan ini sudah disepakati bersama supaya suara tidak sia-sia,” ujar Bupati Faida usai meninjau pelaksanaan pilkades Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul.

Begitu pula untuk pengelolaan antrian, Bupati Faida telah melihat perubahan signifikan sehingga tidak ada lagi antrian yang panjang dan berdesak-desakan.

“Pilkades tahap ketiga kali ini juga telah menyediakan jalur khusus bagi pemilih difabel sehingga mereka mendapatkan prioritas pelayanan,” kata Faida.

Lebih lanjut Faida menjelaskan bahwa difabel tidak hanya masyarakat dengan kelainan fisiknya, tetapi juga kaum lansia, ibu hamil termasuk kategori difabel.

Ketua panitia pilkades Tanggul Wetan Amrianto mengatakan, tidak hanya jalur difabel yang disediakan, namun pihaknya juga telah menyediakan kursi roda untuk mengantar para lansia yang kesulitan berjalan serta pojok pelayanan kesehatan.

“Kami berusaha menghadirkan pelayanan yang maksimal, kami sediakan kursi roda bagi yang kesulitan berjalan sehingga tidak lagi dipanggul, mereka tinggal duduk saja. Ada juga petugas kesehatan yang siaga,” ucap Amrianto.

Lebih rinci penyelenggaraan pilkades serentak tahap ketiga ini berada di Jember bagian barat di antaranya Kecamatan Bangsalsari (6 Desa), Tanggul (4 Desa), Sumberbaru (7 Desa), Semboro (5 Desa), Umbulsari (10 Desa), Kencong (4 Desa), dan Jombang (4 Desa).

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Marisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here